× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Lacoste dan 10 logo Satwa Terancam Punah

By Redaksi

Perusahaan pakaian Lacoste menunjukkan kepeduliannya terhadap keberlangsungan hidup satwa langka dengan menerbitkan logo khusus. Perusahaan asal Perancis yang selama ini dikenal dengan logo buaya tersebut, menampilkan logo 10 satwa langka dunia. Desain satwa langka yang ditampilkan pada polo-shirt mereka yang ikonik adalah hasil rancangan sang direktur kreatif untuk rumah mode asal Prancis ini, Felipe Oliveira Baptista. Jumlah polo yang diproduksi juga menyesuaikan populasi satwa yang tersisa di alam liar.

Program unik ini merupakan kerjasama Lacoste dengan The International Union for Conservation of Nature (IUCN), mengangkat tema Save Our Species. Dengan belanja kaos logo khusus ini, orang-orang berpartisipasi membantu IUCN dan Lacoste dalam perjuangan untuk pelestarian satwa liar di seluruh dunia.

Yang menarik, dari 10 satwa langka tersebut, dua di antaranya adalah satwa asli Indonesia, yakni Badak Jawa dan Harimau Sumatra. Berikut ini daftar sepuluh satwa terancam punah yang menjadi logo khusus Lacoste:

  1. Kura-kura Tempurung Burma

Kura-kura air tawar asal Myanmar makin berkurang populasinya. Periode reproduksinya yang jarang, ditambah lagi ulah manusia yang mengonsumsi telor mereka, menjadi pendorong terancam punahnya spesies ini.

  1. Badak Jawa

Badak Jawa hanya tersisa di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Banten. Ada lima spesies badak di dunia, badak bawa, badak hitam, badak putih, badak india, dan badak sumatra. Populasi badak jawa adalah yang paling langka.

  1. Northern Sportive Lemur

Northern sportive lemur adalah primata endemik Madagaskar dengan ukurang tinggi 50 sentemeter –dari kepaa hingga ekor, dan berat badan sekitar 800 gram. Lemur ini hanya tersisa dalam kelompok kecil di wilayah pegunungan di bagian utara Madagaskar.

  1. Kondor California

Populasi burung ini menurun drastis sejak awal abad-20. Kondor California memiliki ukuran sayap hingga 3 meter dan menjadikannya sebagai burung terbesar di Amerika. Perburuan dan polusi menjadikan satwa ini makin langka.

  1. Kakapo

Kakapo adalah burung nuri berukuran besar, bisa mencapai hingga 60 sentimeter. Ia hidup nokturnal. Burung yang tak bisa terbang asal Selandia Baru inipun makin jarang ditemukan.

  1. Vaquita

Vaquit, spesies lumba-lumba langka endemik California, Amerika Serikat. Mereka menikmati berenang dengan santai di perairan dangkal. Beratnya sekitar 48 kilogram dengan panjang 1,5 meter.

  1. Iguana Tanah Anegada

Dinamai menurut habitat asalnya, Anegada, sebuah pulau koral di Laut Karibia. Ia adalah herbivora dengan berat hingga 6 kilogram dan panjang lebih dari 60 sentimeter. Hidupnya di hutan kering tropis. Peternakan dan pertanian membuat habitat mereka menyusut

  1. Cao-vit Gibbon

Cao-vit Gibbon (Nomascus nasutus) merupakan salah satu kera paling langka d dunia. Meskipun beratnya di kisaran 5 dan 10 kilogram, Cao-vit Gibbon dapat berayun dari cabang ke cabang dengan sangat gesit. Deforestasi makin mengurangi populasinya. Cao-vit gibbon dapat ditemukan di Cina dan Vietnam.

  1. Saola

Saola adalah satwa penyendiri yang hidup tenang di di hutan dan pegunungan. Saola menjadi hewan bertubuh besar yang langka dan hanya dapat ditemukan di Laos dan Vietnam.

  1. Harimau Sumatra

Sesuai namanya, harimau ini hidup di Pulau Sumatra, Indonesia. Memiliki berat hingga 100 kg dan panjang hingga 2 meter. Perburuan dan deforestasi menjadi ancaman utama mereka. Bersama badak jawa, harimau sumatra masuk kategori “Sangat Kritis Terancam Punah” (Critically Endangered) dalam Daftar Merah The International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN).

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]