banner
Dok. Faiz
Berita

Laboratorium Klinik Kalgen Innolab: Pentingnya  Peran Diagnostik dalam Kesehatan

4622 views

Jakarta – Majalahcsr. “Ibu/Bapak, saya berikan obat ini untuk penyakit Ibu/Bapak. Nanti setelah satu minggu belum ada perubahan, datang lagi ke saya ya, kita ganti obatnya.”

Pernahkah anda merasakan situasi di atas? Datang ke dokter dan diberikan obat “coba-coba”? Tentunya kita sebagai pasien menginginkan obat-obatan yang tepat guna, tidak lagi hanya “coba-coba”. Gambaran sederhana inilah yang diungkapkan oleh Sie Djohan, Presiden Komisaris, PT Innolab Sains Internasional pada acara Press Conference Peluncuran Laboratorium Klinik Kalgen Innolab, di The Westin Jakarta, (18/01).

Laboratorium klinik ini diklaim sebagai laboratorium investasi Jepang pertama di Indonesia. Lebih lanjut, ia mengatakan latar belakang Kalgen Innolab adalah adanya kesadaran mengenai diagnosis awal sebuah penyakit pada pasien agar obat yang diberikan adalah obat yang efektif. Tidak lagi obat “coba-coba”. Hal ini ia pun diyakini sebagai cost effective.

PT Innolab Sains Internasional merupakan anak perusahaan dari PT Kalbe Farma Tbk. Kalbe, saat ini, tidak lagi mendefinisikan perusahaannya sebagai perusahaan farmasi, melainkan sebagai healthcare company atau perusahaan kesehatan.

Melalui anak perusahaannya, PT Innolab Sains Internasional (PT ISI), Kalbe meluncurkan Laboratorium Klink bernama Kalgen Innolab. Kalgen Innolab adalah Laboratorium klinik yang memberikan pelayanan laboratorium menyeluruh, dimulai dari pemeriksaan sederhana hingga canggih, seperti pemeriksanaan molekuler, guna mendukung pengobatan yang lebih presisi.

Sistem yang dimiliki pun terbilang terdepan. Kalgen Innolab mengadopsi sistem yang telah dimiliki HSRI (Healh Science Research Institute, Inc) dan TTC (Toyota Tsusho Corporation) dengan mengedepankan prinsip kualitas, keterlengkapan, turn around lebih cepat, dan harga yang kompetitif.

“Laboratorium Klinik Kalgen Innolab hadir dalam rangka memberikan layanan kesehatan yang lebih baik untuk masyarakat Indonesia. Hal ini sesuai dengan visi misi Kalbe, sebagai perusahaan kesehatan, yaitu mewujudkan produk-produk kesehatan yang berkualitas. Sejalan dengan program pemerintah, yaitu JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), kami yakin laboratorium ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan kepada Indonesia.” Ujar Vidjongtius, Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk.

Laboratorium klinik ini adalah sebuah patungan usaha antara Indonesia-Jepang, oleh PT Innolab Sains Internasional. PT Innolab Sains Internasional sendiri adalah joint venture antara PT Kalbio Global Medika (anak perusahaan Kalbe) dengan Hoken Kagaku Kenkyujo (HKK) atau Health Science Research Institute, Inc (HSRI), dan Toyota Tsusho Corporation.

Kementrian Kesehatan Indonesia pun menyambut baik niat baik dari PT. Innolab Sains Internasional dengan memberikan ijin dan persetujuan operasional sesuai Peraturan Menteri Menteri Kesehatan nomor 411/MENKES/PER/III/2010. Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, dr Bambang Widodo, yang di wakili oleh dr Iin Dewi Astuti, Kepala Seksi Pelayan Penunjang Medik, berharap dengan hadirnya pelayanan laboratorium klinik ini dapat meningkatkan kualitas laboratorium klinik di tanah air, sehingga tidak ada lagi pasien dalam negeri yang harus jauh-jauh pergi ke luar negeri hanya untuk sekedar pelayan kesehatan, seperti medical chek-up.

“Tentunya kami harap pelayanan ini (Laboratorium Klinik Kalgen Innolab) tidak hanya untuk kalangan tertentu, tetapi untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia.” Ujarnya.

Laboratorium klinik Kalgen Innolab dapat ditemui di Attira Business Park, Ruko no. G7-8, Jakarta Utara atau kunjungi website Kalgen Innolab untuk informasi lebih lanjut.

banner