× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Kreasi Desain Studio Arsitektur ini Sangat Kreatif, Inspiratif, dan Go Green

By Redaksi
Desain Forest School Karya Nude Studio Architecture. Foto : Nudes/Nuru Karim via Intelligentliving

MajalahCSR.id – Mendukung lingkungan tetap hijau bisa dilakukan dengan berbagai cara. Contohnya melalui karya studio arsitektur, Nude Studio. Studio desain ruang dan bangunan ini mengombinasikan unsur kultural, sosial, dan lingkungan (environmental) saat mendesain gedung terbarunya. Konsep karyanya pun mengundang decak kagum dari netizen karena selain unik dan kreatif, juga benar-benar ‘go green’.

Karya desain yang diberi nama “Forest School”, berhasil memenangkan kompetisi untuk desain fasilitas pendidikan di kota Pune, wilayah barat India.

Sudah lebih dari sepuluh tahun, populasi di kota tersebut terus melonjak, dan memicu kualitas udara yang kian buruk. Kadar rata-rata polusi yang terjadi diberitakan berbahaya karena sudah melebihi ambang standard negara dan angka polutan yang diperkenankan WHO. Kondisi ini mendorong Nude Studio Architect untuk mendesain Forest School guna membantu mengatasi masalah ini.

Gedung yang akan dibangun merupakan kebun vertikal yang menetralkan racun polutan dan unsur kimiawi lain, dengan mengubah CO2 menjadi oksigen. Secara bersamaan, gedung ini juga memberikan dampak sejuk bagi penghuni didalamnya. Sementara di bagian atap dibuat lintasan trek sepeda, di mana para siswa dapat bersepeda untuk aktivitas olahraga sehari-hari. Lintasan sepeda berbentuk angka 8 tersebut menyatu dengan gedung silindris di atapnya.

Sekolah alam ini akan mengajar para siswa sejak dini tentang lingkungan, perubahan iklim, berkebun, dan hidup sehat. Forest School rencananya akan diwujudkan secara nyata pada 2021 atau tahun depan dan Nudes Studio yang akan menggarap proyek pembangunannya.

Langkah Nude Studio ini mengikuti firma arsitek milik Stefano Boeri Architetti yang membangun 3 gedung hutan vertikal di gurun Mesir timur kota Kairo pada 2019 lalu. Gedung tersebut dilengkapi pohon dan tanaman sebagai penyerap polusi.

 

Avatar

Redaksi

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]