× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Kota Belanda Pasang Lampu Jalan Ramah Kelelawar.

By Redaksi
Dok. Signify

Jakarta – Majalahcsr. Penerangan jalan dapat memengaruhi pola makan kelelawar dan penunjuk arah internal, serta aktivitas mangsa serangga mereka. Sebuah kota di Belanda mengambil langkah untuk membantu kelelawar keluar saat malam hari.

Zuidhoek Nieuwkoop, pengembang perumahan di dekat cagar alam Nieuwkoopse Plassen, dengan jumlah sekitar 90 rumah yang berkelanjutan telah memasang lampu yang dianggap sebagai lampu jalan ramah lingkungan pertama di dunia. Lampu LED berwarna merah tersebut berasal dari Signify, bisa menjadi penerangan jalan bagi manusia, tetapi kelelawar masih menganggap cahaya itu tidak terlihat alias gelap.

Zuidhoek Nieuwkoop, menurut Signify, adalah tempat makan utama untuk beberapa spesies kelelawar langka. Lampu jalan hemat energi memancarkan warna merah dengan panjang gelombang yang tidak akan mengganggu penunjuk internal mamalia yang terbang. Pencahayaan ini didasarkan pada penelitian 2017 dari Universitas Wageningen, Institut Ekologi Belanda, dan Pencahayaan Philips.

Dok. Signify

Kota dan daerah sekitar cagar alam Nieuwkoopse Plassen adalah bagian dari Natura 2000, jaringan tempat bersarang dan berkembang biak bagi spesies langka dan terancam di seluruh Uni Eropa. Di daerah ini bukannya tidak ada kegiatan yang dilakukan oleh manusia, karena pada kenyataannya, sebagian besar tanah adalah milik pribadi.

Konservasi di situs-situs ini menurut Komisi Eropa dilakukan melalui bekerja dengan alam, bukan menentangnya. Dan lampu ramah lingkungan ini sesuai dengan pendekatan tersebut.

Anggota dewan kota Nieuwkoop, Guus Elkhuizen mengatakan, Nieuwkoop adalah kota pertama di dunia yang menggunakan lampu jalan LED cerdas yang dirancang agar ramah terhadap kelelawar. “Ketika mengembangkan program perumahan unik kami, tujuan kami adalah untuk membuat proyek se-berkelanjutan mungkin sambil mempertahankan spesies kelelawar lokal kami dengan dampak minimal terhadap habitat dan kegiatan mereka. Kami telah berhasil melakukan ini dan juga menjaga jejak karbon dan konsumsi energi kami seminimal mungkin. ” ujarnya seperti yang dilansir oleh Inhabitat.com, Jumát (8/6).

Dok. Signify

“Yang minum obat setiap hari itu tidak hanya kamu. Yang sakit diabetes juga minum obat. Yang hipertensi juga rajin minum obat.” Itulah kata-kata yang Tice sampaikan kepada Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ia dampingi agar mau rajin terapi dan minum obat. Tice adalah seorang ibu rumah tangga yang berkomitmen menjadi pendamping ODGJ, bukan perawat […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]