banner
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Ketiga dari Kiri), Turut Hadir dalam Peresmian IKEA Kotabaru Parahyangan, Bandung, Minggu (28/3/2021). Foto : Istimewa
Berita

Kontribusi Positif IKEA Kota Baru Parahyangan untuk Komunitas Lokal Bandung

670 views

MajalahCSR.id – IKEA Indonesia resmi membuka toko ketiganya di Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat, Minggu (28/3/2021). Jadikan Bandung sebagai rumah baru, IKEA Kota Baru Parahyangan membawa kontribusi positif untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang.

Selain itu, keamanan dan keselamatan pengunjung dan co-worker selalu menjadi prioritas utama IKEA. Guna mewujudkan komitmen tersebut, IKEA Kota Baru Parahyangan menerapkan protokol kesehatan ketat terhadap co-worker dan pelanggan yang ingin berkunjung.

IKEA Kota Baru Parahyangan mengimplementasikan sistem registrasi online di situs IKEA.co.id/bandung. Setiap harinya, IKEA Kota Baru Parahyangan akan membuka empat sesi dalam registrasi online. Setiap sesi berdurasi tiga jam dan 30 menit sebelum sesi berakhir, pengunjung akan menerima email pemberitahuan bahwa waktu belanja akan segera habis.

Sesi pertama akan dimulai dari pukul 09.00-12.00 WIB, sesi kedua dimulai pukul 12.00-15.00 WIB, sesi ketiga dimulai pukul 15.00-18.00 WIB, dan sesi keempat akan dimulai pada pukul 18.00-21.00 WIB. Selain registrasi online, IKEA Kota Baru Parahyangan juga menyediakan area cuci tangan dan pengecekan suhu sebelum pengunjung serta co-worker masuk ke dalam toko.

“Pembukaan toko IKEA Kota Baru Parahyangan merupakan momen yang penting bagi kami. Sebagai rumah baru bagi IKEA, kami berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat Bandung dan sekitarnya. Lebih dari itu, kesehatan dan keselamatan co-worker dan pelanggan adalah prioritas kami, sehingga IKEA Kota Baru Parahyangan mengimplementasikan sistem registrasi online serta berbagai protokol kesehatan yang ketat,” ujar President Director PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia), Patrik Lindvall.

Lebih lanjut, IKEA Kota Baru Parahyangan juga berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif pada masyarakat Bandung dan sekitarnya dengan dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat, dan Kedutaan Besar Swedia.

Beberapa upaya IKEA adalah memberdayakan UMKM lokal dengan menyediakan tempat pameran gratis di toko IKEA Kota Baru Parahyangan dalam program TERAS Indonesia. Program ini berkolaborasi dengan Komunitas Wayang Cepot, yaitu Cipta Wening dan Giri Harja Tiga Putra guna melestarikan budaya lokal Jawa Barat agar tetap dikenal oleh generasi muda Jawa Barat.

Selain itu, merekrut lebih dari 300 co-worker yang merupakan masyarakat Bandung dan sekitarnya. Selanjutnya, sejalan dengan misi keberlanjutan (sustainability) IKEA, IKEA Kota Baru Parahyangan juga menerapkan berbagai upaya sustainability dengan tujuan untuk mengurangi dampak negatif ke lingkungan. Upayanya seperti menggunakan teknologi hemat energi untuk AC dan lampu serta mengimplementasikan teknologi recycle water.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam sambutannya menyatakan apresiasinya dengan meyakini bahwa ekonomi setempat pun akan terbantu. “Untuk memajukan suatu daerah diperlukan kolaborasi antara pemerintah dan swasta. Kami senang IKEA tidak hanya memberikan aksesibilitas terhadap pelanggan di Jawa barat, melainkan juga membawa kontribusi positif pada daerah setempat. Kami harap kerja sama antara Pemerintah Jawa Barat dan IKEA Indonesia terus terjalin baik dan menghasilkan kolaborasi lainnya di masa mendatang,” jelasnya.

banner