× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Kolaborasi Berlin, Jakarta dan Bangkok Wujudkan Smart City untuk Pembangunan Berkelanjutan

By Redaksi
Sambutan oleh Director of Jakarta Smart City, Yudhistira Nugraha. Foto : Istimewa

MajalahCSR.id – Sebagai bagian dari proyek bersama “Smart Change” atau Perubahan Cerdas, yang didanai oleh Uni Eropa, pemerintah kota Jakarta dan Berlin menjadi tuan rumah Konferensi Perubahan Cerdas pada 5 Oktober 2021 yang berfokus pada kolaborasi perkotaan. Ini merupakan kelanjutan dari Smart Change Conference 2020 yang diselenggarakan pada Desember 2020 dan secara resmi dihadiri oleh Sawsan Chebli, Sekretaris Negara Berlin untuk Urusan Internasional, dan Haryati, Plt. Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan penandatanganan Kesepakatan Implementasi antara Berlin dan Jakarta.

Sehubungan dengan AsiaBerlin Summit yang diselenggarakan langsung dari Berlin, tahun ini Konferensi Perubahan Cerdas 2021 – Kolaborasi Perkotaan (Smart Change Conference 2021 – Urban Collaboration) akan membahas bidang-bidang kebijakan yang relevan untuk tata kelola smart city yang baik dengan indikator mobilitas cerdas dan lingkungan cerdas.

Melalui kolaborasi dengan pemangku kepentingan perkotaan meliputi masyarakat sipil, think tank, akademisi dan industri di tingkat internasional, konferensi ini melanjutkan interaksi yang komprehensif dengan para ahli dari Jakarta dan Berlin. Selain itu, juga akan membahas hubungan lintas kota dengan kota Bangkok dan membuka kemungkinan yang lebih luas untuk pertukaran pengetahuan melalui kerja sama trilateral.

Konferensi daring kedua ini memfasilitasi pertukaran pengetahuan antara beberapa pakar di bidang smart city yaitu otoritas lokal Jakarta dan pemangku kepentingan perkotaan. Sebanyak 17 pembicara dari berbagai organisasi mengikuti konferensi untuk berdiskusi dengan lebih dari 200 peserta tentang penetapan dasar untuk konsep holistik baru perencanaan kota yang berkaitan dengan tata kelola dan layanan terkait kota pintar.

Topik yang didiskusikan terutama mengenai layanan publik untuk kualitas udara dan transportasi yang multimoda. Konferensi daring ini akan ditutup dengan pembahasan Online Learning and Exchange Platform, yang mengusung konsep berkelanjutan untuk hasil kegiatan proyek Smart Change.

Hasil konferensi daring kedua ini terbuka untuk umum dan akan menjadi masukan bagi kegiatan Smart Change yang akan datang, seperti Smart Change Multi-Stakeholder dan Policy Dialogue yang diselenggarakan setiap bulannya. Hasil pembahasan konferensi nantinya dapat menciptakan peluang inovasi baru dan mempercepat terciptanya kota yang lebih baik dan berkelanjutan.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]