× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Kios Digital KIPIN Singgah di Ruang Perpustakaan dan Arsip Kota Jakarta Barat

By Redaksi

Januari 2019 menjadi penanda untuk pertama kalinya mesin perpustakaan digital diletakkan di kantor perpustakaan wilayah Jakarta Barat. Keberadaan KIPIN disambut dengan semangat literasi oleh anggota maupun pengunjung perpustakaan. KIPIN adalah tren perpustakaan digital di era milenial, mengajak masyarakat terutama anak usia sekolah (SD, SMP dan SMA) untuk memanfaatkan gadget sebagai media untuk belajar dan membaca buku literasi.

KIPIN ATM merupakan perpustakaan versi digital berisi konten pembelajaran untuk anak sekolah dan pra sekolah yang terdiri dari buku (e-book), video pendidikan, latihan soal dan komik literasi. Konten-konten tersebut tersedia untuk semua tingkatan, mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK. Cara mengoperasikannya pun sangat mudah, yakni dengan menyentuh layar touchscreen tanpa perlu peralatan kabel lainnya seperti mouse atau semacamnya.

Semua konten yang ada di dalam KIPIN ATM dapat diakses gratis tanpa internet (offline), karena KIPIN ATM telah dilengkapi dengan wifi internal (dinamakan eduSPOT). Bahkan para siswa dan guru bisa mengirim semua konten yang ada di dalam KIPIN ATM ke smartphone masing-masing, juga tanpa memerlukan kuota internet. Konten-konten yang ada di smartphone bisa diakses kapan dan di mana saja secara offline pula.

“KIPIN memang dapat sangat membantu dalam meningkatkan minat baca atau literasi pengunjung perpustakaan, terutama melalui konten komik literasinya. Para pengunjung yang masih duduk di bangku sekolah tentu sangat senang mengisi waktu luangnya dengan membaca komik-komik tersebut. Komiknya menarik, aksesnya mudah, mendidik pula,” ungkap Kepala Perpustakaan Jakarta Barat, Yudi Widoyoko.

Yudi yakin anak-anak bakal antre, begitu mengetahui  ada video pembelajaran, latihan soal, dan komik yang bisa didownload gratis di KIPIN ATM. “Menurut saya KIPIN benar-benar pembaharuan di dunia perpustakaan, terutama untuk anak usia sekolah,” imbuh Yudi.

Hingga saat ini, KIPIN ATM telah dimanfaatkan oleh banyak sekolah sebagai media perpustakaan digital. Selain dapat membantu siswa dalam mendapatkan materi belajar secara cepat dan gratis, KIPIN ATM juga dapat membantu pekerjaan guru. Tugas guru menjadi lebih ringan, karena siswa bisa belajar secara mandiri dengan membaca buku, menonton video pelajaran, berlatih soal, dan membaca komik literasi.

 

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]