banner
Ilustrasi Kilang Pertamina Internasional. Foto : Istimewa
Liputan

Kilang Pertamina Plaju Raih 3 Penghargaan Indonesia CSR Excellence Award 2022

208 views

MajalahCSR.id – PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) berhasil meraih tiga penghargaan di ajang Indonesia CSR Excellence Award (ICEA) 2022.

Ajang apresiasi program CSR BUMN itu digelar oleh First Indonesia Magz, dengan melihat implementasi dan inspirasi yang dapat dipetik dari BUMN dari seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Penyelenggara ICEA 2022 Maya Julianti dari First Indonesia Magz memberikan sambutan sekaligus selamat atas prestasi yang diraih oleh Kilang Pertamina Plaju.

“Perusahaan yang terpilih sebagai awardee di ICEA ini sangat luar biasa karena di tengah pandemi tetap dapat menjalankan program CSR dengan baik secara berkelanjutan,” ujarnya.

Ketua Dewan Juri, Martani Huseini, dalam sambutannya menyatakan bahwa pihaknya melakukan penilaian terhadap terhadap para peserta dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. “Ada tiga dampak yang diukur dalam penjurian ICEA ini, yakni dampak sosial, dampak ekonomi dan dampak akademis,” ujarnya.

Turut hadir juga dalam kesempatan itu Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki sebagai Keynote Speaker. Ia berpesan program CSR perusahaan tak hanya jadi pajangan dan harus mampu memberdayakan UMKM.

“Kemajuan UMKM menjadi penentu keberlanjutan ekonomi nasional, saya mengajak CSR perusahaan diarahkan untuk pemberdayaan wilayah ekonomi dengan kemiskinan ekstrim,” ujarnya.

Kilang Pertamina Plaju sendiri berhasil meraih penghargaan Best CSR in MSME (UKM) Program dan Excellence Community Program Award. Sementara, General Manager Kilang Pertamina Plaju, Edy Januari Utama didapuk sebagai The Best Leadership Focus on CSR Program.

Penyerahan penghargaan itu digelar Rabu (9/3/2022) lalu, di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, pada acara puncak bertema program CSR yang mendorong transformasi digital dalam rangka pembangunan ekonomi dan lingkungan.

Hadir dari Kilang Pertamina Plaju yakni Edy selaku GM Kilang Pertamina Plaju didampingi Area Manager Communication, Relations & CSR Siti Rachmi Indahsari serta tim CSR Kilang Pertamina Plaju.

“Penghargaan ini menjadi semangat bagi Kilang Pertamina Plaju untuk terus melaksanakan program-program CSR yang memberi manfaat langsung dan berkelanjutan serta mendukung aspek SDGs dan ESG,” ujar Edy.

Dikatakannya, Kilang Pertamina Plaju telah melaksanakan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang menginginkan implementasi CSR BUMN difokuskan pada tiga sektor yakni pendidikan, UMKM dan lingkungan hidup.

Untuk itu, Kilang Pertamina Plaju membawa program CSR yang dinamai PATRA (Palembang Aman, Terampil & Berdaya) pada ajang ICEA kali ini.

Program PATRA ini juga sejalan dengan visi TJSL (Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan) Kilang Pertamina Plaju, yakni berkontribusi mewujudkan pembangunan ekonomi, sosial, dan lingkungan yang berkelanjutan bagi masyarakat sekitar.

PATRA didesain menjadi solusi permasalahan kampung kota di Palembang yang padat, kumuh & rawan kebakaran. Di samping itu, pemanfaatan pekarangan yang rendah, drainase yang buruk serta keterbatasan keterampilan & perekonomian warga juga tak kalah mengancam.

Berbagai permasalahan itu ditakutkan semakin memperlebar jurang disparitas sosial masyarakat, khususnya di Kecamatan Plaju yang merupakan wilayah ring 1 Kilang Pertamina Plaju.

Rachmi, yang menjadi pemimpin utama implementasi CSR di Kilang Pertamina Plaju, mengatakan program PATRA memiliki tiga pendekatan utama. “PATRA fokus pada tiga pendekatan yakni keselamatan, keterampilan & kreativitas serta keberdayaan,” ujarnya.

banner