× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Kerjasama untuk Cegah & Berantas Kejahatan Transnasional

By Redaksi
Dok. Kemlu

Perth, Australia – Majalahcsr. Kerjasama lintas Negara perlu dilakukan untuk hasil yang maksimal. Apalagi dalam bidang kejahatan internasional yang memerlukan koordinasi kuat antara kedua belah pihak.

Beberapa kejahatan transnasional yang memerlukan kerja sama yang erat antara lain kejahatan korupsi, eksploitasi seksual anak, terorisme, kejahatan dunia maya dan penyelundupan orang serta kejahatan terorganisir lainnya.

Indonesia yang letaknya bersebelahan dengan Australia baru-baru ini mengadakan pertemuan bilateral pejabat tinggi kepolisian. Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Kepala Kepolisian Federal Australia Andrew Covin yang memimpin pertemuan itu di Perth 9 April 2018.

Pertemuan difokuskan kepada pembahasan mengenai upaya bersama kedua Negara dalam mencegah dan memberantas kejahatan transnasional. Tito mengajak kepolisian Australia untuk meningkatkan kerja sama bilateral di bidang pemberantasan kejahatan transnasional dengan langkah nyata.

Dok. Kemlu

“Komunikasi yang intensif dan berkesinambungan di antara kepolisian RI dan Polisi Federal Australia dapat memungkinkan kita mengevaluasi perkembangan kerja sama memberantas kejahatan tansnasional yang ada,” ujarnya dalam keterangan resmi dalam website Kemlu, Selasa (10/3).

Terkait terorisme, Tito menyampaikan bahwa terorisme dan faham radikalisme merupakan musuh besar mengingat dampaknya bagi keamanan dan kesejahteraan negara. Ditegaskan bahwa terorisme merupakan bahaya laten yang dapat timbul kapanpun dan dimanapun terlebih didukung kemajuan teknologi dan media sosial.

“Harapan saya pertemuan seperti ini tidak hanya sekedar pertukaran informasi tapi betul-betul ada kesepakatan untuk mengimplementasikan dan memperkuat kerja sama yang ada” tambah Tito .

Sementara itu Kepala Kepolisian Federal Australia menyampaikan pentingnya kolaborasi bersama Kedua Negara dalam mengatasi ancaman keamanan baru di kawasan. AFP Tetap berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama dengan Polri dalam mengatasi kejahatan lintas Negara .

Keduanya menekankan pentingnya kerja Sama di semua tingkatkan dari kedua institusi Polri dan AFP untuk mengatasi kejahatan transnasional.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]