× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Kembangkan Desa Binaan, Pertamina Sabet Penghargaan Internasional

By Redaksi
Pertamina Village. Foto : Istimewa/Pertamina

MajalahCSR.id – PT Pertamina (Persero) berupaya membangun desa-desa di Indonesia menjadi desa yang mandiri energi, siaga bencana dan tujuan wisata. Berbagai upaya untuk desa ini dilakukan lewat program CSR dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang kemudian meraih berbagai penghargaan internasional.

Salah satu program pengembangan desa yang dilakukan Pertamina yakni lewat Program Pertamina Village. Lewat program ini, sebanyak 62 desa binaan yang melibatkan 43.000 warga menghasilkan 131 diversifikasi produk dan meningkatkan kunjungan wisawatan setiap tahunnya. Program Pertamina Village ini juga mendapat penghargaan berskala internasional.

“Lewat program Pertamina Village ini, kami mendapat penghargaan Bronze International CSR Exellence Award dengan 2 Platinum dan 3 Gold ISDA Award,” kata VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman.

Untuk program kesehatan warga Desa, Pertamina menjalankan Pertamina Sehati. Bertujuan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak dalam rangka pencapaian implementasi Suistainable Development Goals (SDGs) bidang kesehatan. Program ini juga mendapat apresiasi dari masyarakat internasional.

“Ada sekitar 500 ribu penerima manfaat program Pertamina Sehati. Selain itu, kami juga melakukan  pemberdayaan 119 Posyandu dan Puskesmas. Di tahun 2019, program ini mendapat penghargaan dari Bronze PR Asia Award Hongkong yakni 1 Platinum dan 1 Silver Indonesia SDG’s Award,” ujar Fajriyah.

Tak hanya itu, dalam upaya meningkatkan kualitas SDM di desa, Pertamina membuat program Creating Shared Value (CSV). Lewat program ini, di tahun 2019, Pertamina mendapat penghargaan sebagai Best Corporate Suistainability 5 Desa Mandiri Energi.

Melalui program CSV ini, Pertamina juga membuat 83 bengkel mandiri Enduro serta memberikan Enduro Student Program kepada 192 siswa, di mana siswa tersebut mendapat pelatihan teknik sepeda motor yang bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) setempat, praktik kerja, mentorship dari bengkel mitra binaan Pertamina Lubricants, pelatihan kewirausahawan, serta pendampingan enterpreunership perbengkelan

“Selain itu, lewat program CSV tersebut Pertamina juga meraih penghargaan Peringkat I Desa Mandiri Energi Kementerian BUMN. Pertamina juga melakukan sertifikasi safetyman and securityman terhadap lebih dari 700 warga lokal di berbagai wilayah Indonesia,” pungkas Fajriyah.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]