× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Kecamatan Plaju Palembang yang Mandiri dan Kian Maju

By Redaksi
Presentasi PT Pertamina RU III Plaju untuk Berdayakan Masyarakat di Ajang PR Indonesia Award 2020, kamis (5/3/2020). Foto : Istimewa

Dari lingkungan kumuh, warga Lorong Mari di Kelurahan Talang Bubuk, Kecamatan Plaju, Kota Palembang, memacu kreativitasnya untuk terbebas dari segala keterbatasan yang ada.

Adalah PT Pertamina RU III Plaju yang berinisiatif mendorong warga Plaju agar mampu mandiri dan terbebas dari belengu kondisi pra sejahtera. Keterbatasan sarana dan prasarana bukan halangan untuk hidup lebih baik. PT Pertamina melihat potensi masyarakat di wilayah tersebut yang didominasi usia produktif.

Pada pertengahan 2018, yang diawali keinginan warga untuk mengubah lingkungan dan kehidupannya (yang kebanyakan berprofesi tenaga serabutan), Pertamina membidani lahirnya program Kampung Kreasi. Tak sendiri, Pertamina RU III Plaju berkolaborasi dengan Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pariwisata, dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebrsihan Kota Palembang dalam menggagas program tersebut.

Terdapat beberapa program sebagai pelaksanaan dari Kampung Kreasi ini. Diantaranya UKM produksi kerupuk kemplang (camilan khas masyarakat Palembang) yaitu UKM Mari Kemplang, lalu UKM olahan limbah non B3 (UKM Mari Berkarya). Untuk UKM yang disebut terakhir, mereka mengolah limbah seperti ban bekas, palet, dan besi bekas, menjadi furnitur cantik, tong sampah, hingga pot bunga.

PT Pertamina tak serta merta menginisiasi program lalu menyuruh warga untuk terlibat, melainkan juga mengajak warga sepenuhnya terlibat. Salah satunya pelibatan warga dalam forum group discussion (FGD) saat perencanaan. Masyarakat pun dibekali berbagai peahaman soal produksi. Contohnya, bagaimana cara mengeringkan adonan kemplang dalam lahan yang sempit.

Secara sosial, ekonomi, dan lingkungan, program Kampung Kreasi ini berdampak signifikan. Kondisi wilayah pun berangsur terlepas dari pemandangan kumuh. Dalam konteks ekonomi, pendapatan masyarakat bertambah rata-rata sebesar Rp. 3,5 juta per kelompok.

Sementara dampak atas lingkungan pun terlihat kentara, karena adanya pemanfaatan limbah. Karena itu tak heran, Lorong mari mendapatkan beragam penghargaan, seperti ditasbihkan sebagai kampung proklim (program kampung iklim/percontohan kampung pro lingkungan).

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]