× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Kebersihan Lokasi Wisata Akan Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

By Redaksi
Dok. Liputan6.com

Banyuwangi – Majalahcsr. Banyuwangi sebagai Kabupaten terujung di pulau Jawa tampaknya serius ingin dikembangkan menjadi tujuan wisata oleh Bupatinya, Azwar Anas. Bahkan Banyuwangi juga menyabet penghargaan ASEAN Tourism Standard Award di Thailand pada jumát (26/1).

Kebersihan daerah pariwisata adalah kategori yang berhasil diraih oleh Kabupaten Banyuwangi. Tak heran, Azwar Anas memang fokus pada masalah kebersihan, seperti yang dilakukan saat kunjungannya di dua tenpat wisata yaitu Grand Watudodol (GWD) di Wongsorejo dan Pantai Cacalan di Kalipuro.

“Kebersihan dan kenyamanan Banyuwangi sebagai tempat wisata ini, sudah mendapat penghargaan di tingkat ASEAN. Ini anugerah sekaligus tantangan bagi kami untuk terus menjaga tingkat kenyamanan dan kebersihan di destinasi-destinasi wisata,” tutur Anas seperti yang dikutip oleh Liputan6, senin (29/1).

Dok. Liputan6.com

Menurut Anas menjaga kebersihan di tempat wisata merupakan tantangan tersendiri. Dibutuhkan pendekatan khusus baik penjual maupun wisatawan agar bisa menjaga kebersihan lingkungan.

“Sebenarnya, untuk bisa menjaga kebersihan, tinggal kita gaji sepuluh orang untuk menjadi tenaga kebersihan. Setiap jam mereka akan memunguti kotoran. Tapi, ini tidak mendidik. Perlu dibuat suatu sistem yang bisa menggerakkan wisatawan untuk turut berkontribusi menjaga kebersihan,” kata Anas.

Salah satu cara yang akan ditempuh adalah dengan membagikan kantung khusus sampah kepada wisatawan. Teknisnya, nanti setiap wisatawan akan diberikan kantong sampah. Di mana setiap kantung sampahnya, wisatawan harus membayarkan uang jaminan sebesar Rp25.000.

“Nanti, kalau pulang kantong sampah tersebut, harus terisi sampah masing-masing wisatawan. Lalu dikembalikan ke petugas dan uang jaminan tadi dikembalikan lagi,” ucapnya.

Program tersebut, lanjut Anas, akan diterapkan dalam satu bulan ke depan “Desain kantungnya sedang digarap dan bulan ini sudah bisa diterapkan. Yang pertama akan kita uji cobakan di GWD,” ujar Anas.

Dok. Liputan6.com

Dengan cara edukatif demikian, Anas mengharapkan, akan memberikan penyadaran kepada wisatawan maupun pengelola wisata di Banyuwangi untuk terlibat menjaga kebersihan.

“Jika semuanya turut menjaga kebersihan, maka akan nyaman. Jika berwisata sudah nyaman, maka tingkat kunjungan akan meningkat. Pendapatan pokdarwis dan para pedagang pun akan meningkat,” ucap Anas.

 

 

Coba saja tanya soal film, obrolan pria berkacamata ini sulit berhenti. Sudah puluhan karya berkualitas ia hasilkan demi kemajuan industri perfilman nasional. Peran yang digelutinya pun bermacam, mulai dari penulis skenario, sutradara, hingga produser. Beragam penghargaan film sudah digenggam hasil dari kerja keras, dan pengakuan atas prestasi serta dedikasi. Pria yang akrab disebut Aris lahir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]