× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Keberlanjutan Batik Rifaiyah Batang

By Redaksi
Batik Rifaiyah pada acara pameran Meet The Makers di Jakarta, Sabtu (29/10/2016). (KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN)

Jakarta – Majalahcsr. Batik Rifaiyah dari Kabupaten Batang, Jawa Tengah ternyata memiliki sejarah perjuangan kemerdekaan. Batik Rifaiyah ini merupakan batik kuno yang warnanya tidak pudar hingga mencapai puluhan tahun.

Bupati Batang, Wihaji di Batang, Senin (25/9) seperti yang dilansir Kontan.co.id yang bersumber dari Antara, batik Rifaiyah merupakan produk asli batik daerah setempat dan patut terus dikembangkan. “Batik Rifaiyah merupakan salah satu kerajinan batik yang menggunakan warna alam yang kelihatan lusuh dan lawas. Akan tetapi produk batik ini menjadi ciri khas warna alam yang di buat dengan penuh cinta sehingga banyak diminati orang luar negeri,” katanya.

Batik Rifaiyah mulai digagas oleh KH Ahmad Rifai sebagai syiar agama Islam yang pada saat itu memiliki karakter khas dan keunikan yang lebih. Ditambahkan Wihaji, kerajinan batik Rifaiyah sudah menjadi budaya masyarakat di Desa Kalipucang Kecamatan Batang.

Selain itu, kata dia, kerajinan batik Rifaiyah juga menceritakan tentang hewan dan keimanan umat Islam dari kekuatan potensi di daerah itu yang menumbuhkan ekonomi kreatif. “Batik Rifaiyah memiliki sejarah peradaban di Batang yang asal usulnya sejarahnya di Kota Belanda,” katanya.

Batik Rifaiyah Kabupaten Batang memiliki motif sogan coklat dan hitam. Akan tetapi sekarang sudah mulai berani dengan warna lain yang menggunakan warna alam.

Kepala Balai Besar Kerajinan dan Batik Isananto Winursito mengatakan pada era modern ini banyak masyarakat yang kini ingin kembali ke zaman dulu terkait dengan batik zat warna alam.

Saat ini kerajinan batik Rifaiyah sudah mampu menembus pasar mancanegara seperti Belanda, Jepang, dan Singapura.

 

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]