× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Keanu Reeves, Aktor Popular nan Dermawan

By Redaksi
Keanu Reeves

Di minggu-minggu ini, nama aktor terkenal asal Amerika, Keanu Reeves, kembali jadi perbincangan. Film laga terbarunya yang merupakan sekuel ketiga dari franchise John Wick, Parabellum dirilis. Film ini segera menjadi box office di Amerika (dan kemungkinan di seluruh dunia), menggeser film box office sebelumnya, Avengers: Endgame sebagai peraih pemasukan terbanyak. Debut perdana film ini meraup USD 57 juta (detik.com 20/05/19). Film ketiga dari sekuel protagonis John Wick bahkan digadang-gadangkan sebagai film aksi terbaik tahun ini oleh sejumlah kritikus film.

Kepopuleran jelas sudah diraih oleh aktor pemerannya, Keanu Reeves. Karier akting pria bernama lengkap Keanu Charles Reeves menginjak 40 tahun di tahun ini. Debut aktingnya adalah peran teater dalam drama Damn Yankees saat berumur 9 tahun. Beberapa filmnya cukup mendapat perhatian kritikus seperti perannya dalam My Private Own Idaho dan Point Break (1991), Bram Stoker’s Dracula (1992), Little Budha (1993), Speed (1994), Johnny Mnemonic (1995), A Walk in The Clouds dan Chain Reaction (1995), lalu berduet dengan Al Pacino dalam Devil’s Advocate (1996), sampai trilogi fenomenal The Matrix (1999 dan 2003).

Tampan, popular, kaya raya, ternyata tidak membuatnya lupa diri. Keanu dikenal sebagai sosok yang membumi. Fakta ini diketahui dari media dan orang-orang yang mengenalnya. Uang memang merupakan hal terakhir yang dipikir oleh sang aktor kelahiran Beirut, 2 September 1964. “Uang adalah hal terakhir yang aku pikirkan. Aku bisa hidup seperti yang aku lakukan sekarang dalam beberapa waktu ke depan,” cetusnya kepada Hello Magazine di 2003 silam.

Saat berperan dalam Devil’s Advocate, Keanu rela gajinya dipotong hingga jutaan dolar, guna mencukupi honor lawan mainnya, Al Pacino. Dan yang luar biasa, honornya dalam The Replacements ikhlas dipotong sampai 90% agar aktor senior Gene Hackman ikut berperan. Saat syuting film Matrix, Keanu bahkan memberikan hadiah USD 20 ribu pada kru film karena merasa telah dibantu. Saat syuting pun meski berpredikat aktor papan atas, dirinya selalu berkeinginan tahu nama-nama kru film dan sosoknya dikenal “humble” oleh para kru film. Keanu bahkan membelikan ke 12 peran penggantinya motor Harley Davidson selama syuting film Matrix Reloaded.

Dari pengakuan lawan mainnya dalam film Speed, Sandra Bullock pada sebuah wawancara televisi, pria gentleman ini selalu mengingatkan Sandra dengan sopan untuk membenahi roknya setelah pengambilan adegan aksi selesai.

Dalam kehidupan sosial, nama Keanu Reeves memang dikenal sebagai sosok yang ‘gentleman’. Bahkan beberapa pihak menyebutnya sebagai ‘The Nicest Man in Hollywood’. Salah satu buktinya saat mengalami penundaan penerbangan umum dari san Francisco ke Burbank, Amerika karena mesin pesawat bermasalah. Alih-alih meneruskan perjalanan dengan menyewa pesawat jet pribadi, Keanu malah membantu mengusahakan penumpang lain ikut menyewa mobil. Keanu sendiri turut naik dan menemani penumpang lain membaur dan mengobrol tanpa merasa orang popular.

Meskipun terkenal dan hartanya jutaan dolar, Keanu masih sering terlihat memakai transportasi umum, seperti subway. Tak hanya sekedar memakai transportasi publik, dalam sebuah rekaman candid yang diunggah ke youtube, sang aktor tanpa ragu memberikan tempat duduknya pada seorang ibu-ibu yang tengah berdiri. Belum cukup disitu, dalam sebuah undangan pesta untuk filmnya “Exposed”, sang penjaga pintu tak mengenali aktor didepannya. Daripada menyebut dirinya sebagai Keanu Reeves dan aktor terkenal, dia rela antri untuk masuk gedung di tengah hujan di depan The New York City Club.

Suatu saat di tahun 1997 pria berdarah campuran Asia ini kepergok tengah duduk bersama seorang gelandangan. Ia tak terlihat canggung bercengkrama mengobrol dan mendengarkan gelandangan tersebut bercerita.

Kisah lainnya, seorang wanita pernah bercerita jika aktor ini mengantarnya pulang ke rumah sejauh lebih dari 80 km karena mesin mobilnya rusak. Wanita ini lalu berkisah pada temannya, jika ia berharap digoda oleh Keanu dalam perjalanan. Namun, Keanu menurut wanita ini sama sekali tidak melakukannya. Sehingga ia menyadari bahwa pria yang membantunya tersebut benar-benar seorang “gentleman”.

Keanu ternyata punya yayasan yang khusus menangani kesehatan anak dan penelitian kanker. Tak seperti para selebritas lainnya, ia sama sekali tak mencantumkan nama di depan nama yayasan yang dimilikinya. “Aku ingin yayasan ini bekerja seperti yayasan lainnya tanpa embel-embel namaku,” tegasnya pada media. Sudah jutaan dolar ia gelontorkan kepada yayasannya tersebut. Keanu begitu peduli pada kanker karena kakaknya, Kim, menderita leukemia.

Luar biasanya, meskipun punya yayasan, aktor pecinta moge ini tetap berdonasi pada yayasan lain, seperti SCORE (Spinal Cord Opportunities for Rehabilitation Endowment), sebuah yayasan bagi atlet hoki yang punya masalah cedera sumsum tulang belakang.

Keywords: ,

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]