× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

 Kampung Berseri di Banjarmasin

By Redaksi
Dok. Astra

Jakarta – Majalahcsr. Kampung Berseri Astra (KBA) merupakan wujud nyata kontribusi sosial PT Astra International Tbk untuk masyarakat dengan konsep pengembangan terintegrasi 4 pilar, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan Kewirausahaan.

Sejalan dengan arahan pemerintah untuk menciptakan Desa Maju, Mandiri dan Sejahtera, Grup Astra yang kini memiliki 73 KBA di 34 provinsidi Indonesia berkomitmen untuk mengembangkan KBA tersebut menuju Desa Sejahtera di 100 kabupaten se-Indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut, sekaligus memperingati Hari Koperasi yang jatuh setiap tanggal 12 Juli, Astra selama 2 hari, yaitu 8-9 Juli 2018, mengadakan Festival KBA di Banjarbaru dan Banjarmasin. Acara hari ini merupakan bagian dari rangkaian Festival KBA yang telah diadakan di kota-kota sebelumnya, yaitu di Cibinong, Jawa Barat, dan Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Dok. Astra

Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi & UKM Republik Indonesia Untung Tri Basuki dalam sambutannya mengapresiasi wujud nyata Astra dalam membina 73 KBA di seluruh Indonesia yang di dalamnya terdapat program pengembangan UMKM.

“Festival KBA Banjarmasin ini merupakan puncak dari upaya nyata Astra di bidang kewirausahaan. Acara seperti ini bagus diketahui oleh masyarakat luas, sehingga model kemitraan UMKM yang terapkan Astra dapat dicontoh oleh lainnya untuk mendorong demokrasi ekonomi,” tutur Deputi Untung Tri Basuki dalam rilis, Selasa (10/7).

Dengan mengangkat tema Astra Untuk Indonesia Kreatif, Festival KBA Banjarmasin diharapkan dapat membagikan inspirasi bagi para pelaku wirausaha UMKM dan menggerakkan ekonomi lokal di Kalimantan Selatan. Harapannya, dalam jangka panjang, ketika desa-desa yang sudah dibina dalam pilar kewirausahaan dapat menunjukkan prestasi terbaiknya, maka desa juga akan diperkuat dengan program kesehatan, pendidikan, lingkungan dalam skema KBA untuk mewujudkan masyarakat desa yang bersih, sehat, cerdas dan produktif.

Dok. Astra

Pada prinsipnya, di mana pun Astra berada harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]