× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Kado Kasih Sayang Pakai Tanaman, Kenapa Tidak?

By Redaksi
Tanaman Bunga Cyclamen. Foto : Shutterstock

Bagi sebagian orang terutama muda-mudi, mengekspresikan kasih sayang di tanggal 14 Februari adalah momen yang tak terlewatkan. Perayaan tiap tahun itu biasanya diisi dengan tukar menukar kado. Bingkisan yang paling umum biasanya seikat bunga mawar yang disertai permen cokelat, boneka lucu, sampai perhiasan untuk orang tercinta. Tapi kalau ingin tampak “berbeda”dan lebih ramah lingkungan, kenapa tidak dengan kado tanaman?

Selain tetap tak mengurangi makna perasaan, memberi kado tanaman juga akan memberikan dampak lebih. Karena seperti halnya tanaman, cinta dan kasih sayang perlu dirawat bukan? Jangan lupa, memberikan tanaman sebagai kado juga jelas-jelas nol emisi. Jadi bersikap romantis pada orang tersayang, juga bisa inline dengan romantis pada planet bumi tercinta.

Dikutip dari inhabitat, ada beberapa jenis tanaman di bawah ini yang bisa dijadikan kado untuk siapapun yang anda kasihi.

Heartleaf Philodendron

Heartleave Philodendron. Foto : Shutterstock

Biasanya segala yang berhubungan dengan hari kasih sayang identik dengan bentuk jantung hati. Bentuk hati ini tak selamanya artifisial. Ada jenis tanaman yang bentuk daunnya menyerupai. Namanya Heartleaf Philodendron. Ada sekitar 200 jenis tanaman philodendron. Jaid sebaiknya carilah nama yang berawalan Heartleaf atau Sweetheart. Tak hanya bentuk daunnya yang unik, tanaman ini kuga sangat mudah perawatannya. Selain tak butuh banyak pencahayaan, tanaman ini juga tak harus disiram tiap hari.

Cyclamen

Tanaman Bunga Cyclamen. Foto : Shutterstock

Jika heartleaf philodendron tak memiliki bunga, lain hal Cyclamen. Tanaman ini punya bunga dengan warna yang cantik. Bunganya membentuk kepingan yang seolah membentuk hati. Warnanya mulai dari pink, merah, merah burgundy, hingga putih. Cyclamen ini mekar justru pada musim salju yang juga berbarengan dengan hari kasih sayang. Dengan perawatan yang teratur, bunganya mekar setiap tahun. Memang dibanding tanaman sebelumnya, agak merepotkan. Butuh pengaturan suhu dan penyiraman air yang tepat.

Hoya Kerrii

Tanaman Hoya Kerii. Foto : Shutterstock

Tanaman jantung hati ini sangat mewakili perasaan yang memberikannya. Hoya Kerii adalah tanaman dengan bentuk jantung hati yang sempurna. Karena bentuknya yang sempurna, seringkali tanaman ini dijual hanya satu daun dalam pot kecil. Seperti halya jenis kaktus-kaktusan, Hoya Kerii menyimpan air dalam daunnya dan perawatannya tidak ribet. Tak perlu cahaya berlebih dan dalam suhu biasa (kamar).

Anthurium

Tanaman Bunga Anthurium. Foto : Shutterstock

Arthurium adalah tanaman yang sempat booming di tanah air. Kenapa tanaman ini cocok dijadikan kado saat hari kasih sayang? Selain daunnya yang membentuk hati, bunga si Anthurium pun punya lekuk yang sama. Apalagi warnanya yang merah cenderung merah muda, membuat penyuka tanaman bisa jatuh hati.  Saking cantik warnanya, Anthurium kadang terlihat seperti tanaman plastik. Tempatkan tanaman ini di luar dengan pencahayaan matahari langsung, dan lingkungan cukup lembab. Siapapun setap tahunnya bisa menikmakti bunga si Anthurium bermekaran.

Phalaenopsis

Tanaman Anggrek Phalaenopsis. Foto : Shutterstock

Ternyata ada jenis anggrek yang cocok sebagai kado di hari terkasih. Namanya Phalaenopsis. Selain karena harganya mahal, anggrek ini terkenal karena keindahannya. Bunga mekarnya tahan lama seperti halnya anda mengharapkan cinta yang abadi dari orang terdekat. Ada banyak macam warna, dari putih, jingga, ungu, kuning, merah, hingga putih dengan bercak pink di atasnya. Seperti halnya jenis angrek, tanaman ini memang tak mudah dalam perawatan. Selain butuh cahaya yang disaring, juga penyiramannya harus konsisten. Tapi rasanya akan menyenangkan bila dilakukan bersama orang terkasih, bukan?

Golden Pothos

Tanaman Golden Photos. Foto : Shutterstock

Jika anda menginginkan tanaman “fleksibel” tapi tetap terlihat cantik, cobalah Golden Pothos. Tanaman merambat berdaun hijau segar ini bisa ditempatkan dalam keranjang atau pot kecil. Walhasil, bisa menjadikan dinding rumah atau ruang kerja anda kian cantik, dan adem. Meskipun lebih subur diletakkan di spot yang terkena cahaya matahari langsung, tapi tanaman berdaun hati ini oke-oke saja di ruangan yang tak terlalu terang. Apalagi tak masalah bila anda melewatkannya menyiram, asal jangan terlalu sering.

Bagaimana? Sudah menentukan tanaman apa yang bakal anda berikan pada orang terdekat di hari terkasih nanti?

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]