× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Jasa Raharja Luncurkan Program Pengembangan dan Penguatan BumDes berikut UMKM di Jogjakarta

By Redaksi
PT Jasa Raharja Berkolaborasi dengan Senyum Untuk Negeri dan Pemerintah Desa Sendangagung Meluncurkan Program Pengembangan dan Penguatan Kelembagaan dan Usaha bagi Pelaku UMKM, Pengrajin Bambu dan Pengurus BumDes di Desa Sendangagung, Sleman,Yogyakarta, Rabu (14/6/2021) hingga Jumat (17/6/2021). Foto : Istimewa/Jasa Raharja

MajalahCSR.id – Jasa Raharja dan Senyum Untuk Negeri, serta Pemerintah Desa Sendangagung meluncurkan program pengembangan dan penguatan kelembagaan dan usaha bagi pelaku UMKM, Pengrajin bambu dan pengurus BumDes di Desa Sendangagung, Sleman, Jogjakarta. Kegiatan ini dilakukan selama 3 hari yaitu pada hari senin sampai dengan rabu pada 14 – 16 Juni 2021 secara paralel.

Muhamad Saefrudin, dari Senyum Untuk Negeri menyebutkan, pelatihan ini merupakan hasil rekomendasi dari social mapping  yang sudah dilakukan oleh Jasa Raharja. Tujuan program adalah menuju pencapaian tehadap S-348 dan SDGs Point 4, 5, 8, 11, 13, dan 17. Program ini terdiri dari penguatan kelembagaan BumDes dan UMKM di desa, pemasaran menggunakan digital marketing dan pengembangan kemampuan untuk para pengrajin bambu.

Sebanyak 80 peserta menghadiri program pelatihan, terdiri dari 25 peserta dari unsur pengurus BumDes, 30 peserta dari unsur pelaku UMKM, dan 25 sisanya merupakan pengrajin bambu di wilayah Desa Sendangagung.  

Selama kegiatan para peserta mendapatkan materi dari para trainer professional mulai teori dan praktik dasar dengan mensimulasikan materi tersebut, hingga mempersiapkan para peserta untuk menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 menuju Era revolusi Industri 5.0.

Dalam acara pembukaan dihadiri oleh Raden Heru Prasetya Wibowo, Kepala Desa Sendangagung, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi pihaknya kepada program Jasa Raharja untuk mensejahterakan masyarakat di Desa Sendangagung. Heru berharap program dapat berlanjut sehingga mampu melahirkan UMKM dan pengrajin yang mandiri dengan menaikan profit ekonomi masyarakat di bawah lembaga BumDes Desa Sendangagung.

Joko Sulityo, Kepala Sub PKBL PT Jasa Raharja Cabang DIY, menyampaikan harapannya agar pelatihan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat di Desa Sendangagung.  Sehingga hasil pelatihan ini dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan anggota UMKM Desa dan para pengrajin bamboo di Desa Sendangagung. Pada kesempatan itu, selain Joko, hadir pula Neil Amelina selaku perwakilan dari Jasa Raharja pusat.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]