× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Jangan Sungkan Baca Buku Untuk Anak

By Redaksi

Jakarta – MajalahCSR. Jangan menolak ketika anak minta dibacakan suatu buku. Ketika anak meminta dibacakan, berarti dia sedang penasaran dan ingin mengetahui sesuatu, yang niscaya bisa menjadi awal kesuksesannya.

Seperti yang dijelaskan lifehack.org kegiatan membaca membuat anak-anak dapat belajar mengenai orang, tempat, ide, dan sebagainya. Anak juga akan belajar kemampuan verbal ketika mendengar orang tuanya membacakan cerita.

Ketika mendengarkan orang lain membacakan buku, anak-anak bisa menambah pembendaharaan kata-katanya. Selain bahasa ibu atau mother language, anak juga akan terbiasa untuk belajar bahasa asing dari mendengarkan buku cerita yang dibaca.

Banyak hal yang bisa diambil manfaatnya saat membacakan buku kepada anak, misalnya mengenai budaya. Semakin banyak variasi buku yang dibacakan, semakin banyak pula pengetahuan yang baru bagi mereka.

Dari pada membiarkan anak selalu menonton TV atau bermain handphone, membacakan buku jauh lebih baik. Interaksi saat membacakan buku pada anak akan membentuk ikatan yang kuat antara orang tua dengan anak.

Membacakan buku juga bisa mengasah otak anak, karena ia diberikan stimulasi melalui kata-kata dan gambar. Bahkan anak juga belajar untuk konsentrasi saat mendengarkan cerita. Kebiasaan ini akan melatih kemampuan otaknya, termasuk juga dalam kreativitas dan imajinasi.

Keywords: ,

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]