× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Jangan Percaya Orang Lain Akan Selamatkan Dunia

By Redaksi
Dok. GRI

Netherlands – MajalahCSR. Bagaimana caranya memakmurkan penduduk? Bagaimana dengan masa depan kehidupan ini? Jawabannya adalah semua pihak harus ikut serta, baik pemerintah, swasta, juga masyarakat di manapun mereka berada.

Lalu bagaimana cara mencapainya? Yaitu dengan bekerjasama dengan semua pihak. Dengan berbicara, memberikan masukan bersama-sama pemerintah, organisasi internasional, akademisi, organisasi masyarakat sipil dan, tentu saja bisnis.

Bisnis akan sangat berperan penting untuk memaksimalkan dampak pelaporan keberlanjutan guna berkontribusi untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Global Report Initiative (GRI) di P4G Summit di Kopenhagen, Denmark pada 19-20 Oktober lalu hadir untuk mendorong kemitraan, membahas bagaimana caranya untuk dapat memperkuat dan mendorong reformasi untuk mencapai tujuan SDG. Dan paling penting adalah bagaimana pelaporan keberlanjutan dapat memainkan perannya.

Berkat kerja sama dengan P4G, GRI melihat secara langsung minat yang semakin besar dalam memungkinkan kemitraan publik-swasta konkret yang bertujuan untuk mencapai SDG dan Paris Climate Agreement dengan semua kalangan, baik besar maupun kecil.

“Ini adalah kesempatan untuk mendengarkan langsung dari para pemimpin di berbagai sektor dan pemerintah, tentang bagaimana mereka bekerja untuk memenuhi komitmen mereka untuk mempromosikan perubahan melalui kemitraan,” ujar GRI dalam website, Rabu (14/11).

Di luar dialog, P4G Summit juga merupakan peluang untuk pembelajaran peer-to-peer dan pertukaran ide seputar proyek dan inisiatif tertentu. Para peserta didorong untuk berdiskusi dan belajar tentang bagaimana proyek-proyek terkait dengan SDG di lima bidang spesifik: makanan dan pertanian, air, energi, kota dan ekonomi lingkaran.

Dalam P4G ini, dimaksudkan untuk mengkoordinasikan antara pusat, organisasi yang telah melakukan, dan menarik peserta lain melalui lokakarya, kompetisi lapangan dan peluang jaringan lain.

Seperti Robert Swan pernah berkata, “Ancaman terbesar adalah percaya bahwa orang lain akan menyelamatkan dunia”.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]