× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Jaket Unik Produksi COOR dari Ampas Kopi

By Redaksi
Jaket HELIX Multi-Climate 3-in-1 Besutan COOR dari Ampas Kopi. Foto : COOR

MajalahCSR.id – Meskipun natal telah lewat, namun memberi kado pada orang tersayang bisa dilakukan kapan saja. Tentu saja, kado sebagai hadiah pun banyak ragamnya. Jika orang spesial di hati anda penyuka kegiatan outdoor atau hobi bersepeda motor sekaligus pecinta lingkungan, jaket ini bisa jadi pertimbangan. Mengapa? Lantaran jaket tersebut berbahan organik, terbuat dari ampas kopi dan berdesain up to date.

Perusahaan busana asal Taiwan COOR, bekerja sama dengan Singtex (perusahaan yang memproduksi benang berteknologi tinggi terbuat dari ampas kopi) mendesain jaket ‘kopi’ pertama di dunia yang diberi nama HELIX Multi-Climate 3-in-1 Jacket.  

Singtex mengumpulkan ampas kopi dari kedai kopi popular, Starbucks d Taiwan, untuk bahan benang yang durabel dan berperforma tinggi. Proses ini pun bisa menyelamatkan lahan dari berton-ton limbah ampas kopi dan mengubahnya menjadi bahan yang bermanfaat.

HELIX memang dikhususkan untuk pemakaian luar ruang. Sehingga, dirancang untuk ‘bisa bernapas’, tahan angin, tahan air, mampu melindungi dari sinar ultraviolet serta bisa mencegah bau badan. Selain itu, jaket dilengkapi pula oleh penutup kepala, pelindung jamur dan mikroba, 13 saku multifungsi, peluit untuk kondisi darurat, kantung minum, dan RECCO teknologi reflektor yang memudahkan tim penyelamat menemukan pemakainya kala tersesat di alam bebas. 

Dalam prosesnya, ampas kopi diperas untuk diambil minyaknya. Minyak ini digunakan untuk bahan tambahan pada membran benang. Dalam pengertian lain, minyak kopi ini menggantikan kebutuhan lapisan sintetik yang pengolahannya yang tak merusak lingkungan. Jaket unisex ini sudah bisa dipesan dengan harga yang sayangnya mahal yaitu HKD 2.310 atau lebih kurang Rp 4,2 juta.  

Avatar

Redaksi

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]