× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Jakarta Selatan Ubah Minyak Jelantah Jadi Ajang Donasi

By Redaksi
(Warta Kota/Feryanto Hadi)

Donasi tak semata-mata dengan uang. Donasi bisa berupa apa saja. Para penggiat lingkungan di Jakarta Selatan melakukan hal ini. Mereka mengumpulkan minyak konsumsi bekas pakai dari warga dan menjadikannya donasi.

Sejumlah relawan yang tergabung dalam Kutub Social House Foundation berkeliling di wiayah Jakarta Selatan dengan membawa jeriken. Relawan ini mendatangi warga yang ingin berdonasi dengan minyak goreng bekas pakai daripada membuangnya.

Penanggung jawab relawan, Enrile Indro Prasetyo mengatakan, minyak yang terkumpul akan dijual ke perusahaan yang memproduksi bahan bakar.

“Keuntungan dari penjualan minyak jelantah ini akan digunakan untuk kegiatan sosial seperti santunan kepada keluarga miskin, yatim piatu, danlain-lain,” cetus Enrile. Pihaknya pun menghimbau agar warga bisa mendonasikan minyak bekas pakainya agar lebih bermanfaat dibanding membuangnya yang akan mencemari lingkungan. Warga bisa mendonasikan dari rumahnya masing-masing.

“Kami berharap bisa mendistribusikan sejumlah jeriken ke seluruh pemerintahan andministratif lokal, mulai dari RT, RW, sehingga warga bisa lebih mudah mendokasikan dari rumah mereka,”harap Enrile.

Enrile mengungkapkan, biasanya warga langsung membuat minyak jelantah mereka. Padahal, minyak yang tidak terpakai ini bisa dimanfaatkan untuk bahan pembuatbahan bakar (solar/biodiesel).

“Sampai saat ini masih banyak warga yang belum tahu jika jelantah bisa dibuat jadi bahan bakar. Daripada dibuang, lebih baik kami kumpulkan dari tiap rumah, menjualnya pada industri, dan hasilnya bermanfaat buat kegiatan sosial,” pungkas Enrile.

Sumber: https://www.thejakartapost.com/news/2019/05/07/south-jakarta-turns-used-cooking-oil-into-alms.html

Keywords:

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]