× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Isu Lingkungan: Rencana Pabrik Tesla di Jerman Diprotes

By Redaksi
Elon Musk. Foto : Getty Image

Pemimpin Perusahaan Tesla, Elon Musk, belum lama ini membantah kekhawatiran dampak buruk dari rencana pembangunan pabrik otomotif listriknya di Jerman. Pabrik tersebut, ditegaskan Elon menggunakan air lebih sedikit dari yang dikhawatirkan sebelumnya.

Perusahaan asal Amerika ini diprotes warga setempat karena dari catatan dokumen, pabrik ini dalam operasionalnya butuh 327 meter kubik air per jam. Dilansir dari reuters, air itu diambil dari pipa air minum warga setempat. Bocornya dokumen ini seketika memicu protes pada awal bulan ini.

“Sepertinya kami harus meluruskan kabar ini. Tesla tidak akan menghabiskan volume air sebanyak itu. Mungkin dalam kondisi tertentu, tapi tidak setiap hari,”konfirmasi Elon melalui twitter pribadinya, Sabtu (25/1/2020).

Menkonfirmasi isu lingkungan lain, Elon juga menegaskan hanya sebagian kecil area hutan di Berlin yang dialihfungsikan menjadi pabrik. Elon menampik tuduhan status hutan tersebut disebut alami, tapi hutan produksi untuk bahan pembuatan kertas kardus.

Pada akhir November 2019, perusahaan otomotif listrik ini mengumumkan rencana pembangunan pabrik di Gruenheide, sisi timur wilayah Bradenburg, Jerman.

Sejumlah politisi, lembaga dan kelompok industri setempat memberi dukungan, mengatakan pendirian pabrik akan membuka kesempatan kerja bagi warga lokal. Namun, penggiat lingkungan justru menyuarakan kekhawatian pengelola air di Bradenburg dengan isu “akan berdampak serius pada suplai kebutuhan air dan timbulnya masalah pembuangan air limbah”. 

Di sisi lain, harian bisnis Jerman “Handelsblatt”, Minggu (26/1/2020), menulis, Tesla sudah meminta ijin untuk memproduksi sel batere dan kegiatan riset di Jerman. Mengenai kabar ini, belum ada tanggapan resmi dari Tesla. 

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]