× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

ISO 26000 SR

Saat ini berbagai organisasi dan para pemangku kepentingannya di seluruh dunia, memiliki kesadaran yang lebih baik mengenai kebutuhan dan manfaat perilaku bisnis yang bertanggung jawab. Kesadaran ini pada akhirnya memberikan sumbangan nyata pada pembangunan berkelanjutan.

International Standard Organization menyediakan panduan mengenai bisnis dan organisasi yang beroperasi secara bertanggung jawab, yaitu ISO 26000: 2010 SR. Berbeda dengan standard ISO lainnya, ISO 26000:2010 lebih bersifat panduan daripada kumpulan persyaratan.

Standard ini diluncurkan pada tahun 2010 setelah melalui berbagai perundingan dan negosiasi selama lima tahun yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan di seluruh dunia, termasuk perwakilan pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, industri, asosiasi konsumen dan asosiasi pekerja yang juga terlibat dalam isu pembangunan berkelanjutan sehingga standard ini bisa disebut sebagai sebuah konsensus internasional.

ISO 26000 menerjemahkan tanggung jawab sosial sebagai tanggung jawab suatu organisasi atas dampak dari keputusan dan aktivitasnya terhadap masyarakat dan lingkungan, melalui perilaku yang transparan dan etis, yang:

  • Konsisten dengan pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat;
  • Memperhatikan kepentingan dari para stakeholder sesuai hukum yang berlaku dan konsisten dengan norma-norma internasional;
  • Terintegrasi di seluruh aktivitas organisasi, dalam pengertian ini meliputi baik kegiatan, produk maupun jasa.

Skema ISO 26000:2010

Bukan untuk Sertifikasi

ISO 26000 bukan merupakan standard sistem manajemen. Tidak memiliki persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi sehingga tidak dapat digunakan untuk sertifikasi. Upaya untuk melakukan sertifikasi, klaim untuk memberikan sertifikasi terhadap ISO 26000 merupakan pelanggaran tujuan dan isi ISO 26000:2010.

PT DASA Strategik Indonesia menyediakan jasa pelatihan dan pemanduan bagi perusahaan dan organisasi yang ingin memahami ISO 26000 dan praktik CSR yang benar serta assessment atau pendampingan bagi organsasi dan perusahaan yang tertarik untuk menerapkan standard ini dalam organisasinya.

Untuk informasi, silakan kontak account@dasastrategic.com

Publikasi:

  1. ISO 26000 and the International Integrated Reporting Framework Briefing Summary
  2. GRI dan ISO 26000: Bagaimana Menggunakan Panduan GRI Bersama dengan ISO 26000
  3. ISO 26000 – Social responsibility

 

“Yang minum obat setiap hari itu tidak hanya kamu. Yang sakit diabetes juga minum obat. Yang hipertensi juga rajin minum obat.” Itulah kata-kata yang Tice sampaikan kepada Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ia dampingi agar mau rajin terapi dan minum obat. Tice adalah seorang ibu rumah tangga yang berkomitmen menjadi pendamping ODGJ, bukan perawat […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]