× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Inovasi Anak Muda untuk Usaha Sosial dan Kesetaraan Gender

By Redaksi
Young Changemakers Social Enterprise. Foto : campaign.com

Datang dari seluruh penjuru Indonesia, 30 anak muda Indonesia kembali menunjukkan kemampuan terbaik mereka. Di panggung @america, Pacific Place, 10 tim anak muda mempresentasikan berbagai inovasi dalam membangun usaha berdampak sosial, mulai dari permasalahan lingkungan, pendidikan, disabilitas, hingga peningkatan kesehatan dan kesetaraan, Kamis (12/3/2020).

Kegiatan ini juga menjadi kali pertama kesempatan mereka untuk mempresentasikan inovasi di hadapan sejumlah investor, sesama pelaku usaha sosial, media, dan lainnya, sebagai finalis program Young Changemakers Social Enterprise (YCSE) Academy 2.0.

Pelaksanaan program YCSE Academy kali ini juga menjadi spesial terkait tema yang diangkat, yaitu female socio-techpreneur. Tema ini diangkat program YCSE Academy dalam upaya mengatasi ketidakseimbangan kesempatan antara pemimpin laki-laki dan perempuan. Padahal kemajuan ekonomi bisa dicapai ketika semua pihak saling bekerja sama.

Para finalis ini terpilih dari 216 tim pendaftar dan telah melewati sejumlah rangkaian kegiatan. Salah satunya adalah coaching class, di mana peserta mendapat kesempatan untuk belajar membangun tim yang tepat, memanfaatkan peluang penggunaan teknologi dalam bisnis, serta sejumlah materi bermanfaat lainnya dari Lemonilo, HARA, Tanihub, STOQO, dan Alpha JWC Ventures. Finalis juga telah melewati sejumlah proses seleksi dari Campaign.com, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, dan Alpha JWC Ventures, serta tahapan public voting.

Langkah 10 tim yang terpilih kemudian dimulai dengan bootcamp bersama Social Innovator Acceleration Program (SIAP) selama empat hari secara intensif di Jakarta, serta presentasi inovasi usaha sosial mereka di @america. Kegiatan presentasi ini juga disaksikan juri untuk memilih tiga tim terbaik, serta disiarkan secara live melalui media sosial beberapa waktu lalu.

Program Young Changemakers Social Enterprise Academy 2.0 sendiri merupakan penyelenggaraan kedua, setelah pertama kali sukses digelar pada sepanjang 2019. Program bertujuan mendorong dan membimbing anak muda Indonesia untuk memulai usaha sosial mereka. Sesuai dengan tujuan tersebut, para panelis mengajak masyarakat untuk dapat mendukung gerakan anak muda pelaku usaha sosial dengan bergabung dalam komunitas #BeSociopreneur di www.campaign.com/besociopreneur dan mengikuti kegiatan YCSE Academy 2.0 berikutnya.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]