× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Inilah Pemenang “Sony Eco Shopping Bag Design Contest”

By Redaksi
Pemenang “Sony Eco Shopping Bag Design Contest” Ki-Ka: Ade Swargo Mulyo, Langit Diwangkara dan Kazuteru Makiyama

Ragam cara dilakukan untuk mengkampanyekan pentingnya peduli pada lingkungan. Ancaman perubahan iklim yang di depan mata, menyebabkan banyak pihak menyadari aksi apapun perlu dilakukan agar hal itu tak terjadi. Salah satunya raksasa elektronik asal Jepang, Sony. Sony Indonesia baru-baru ini menggelar kompetisi desain bertemakan lingkungan yang bertajuk “Sony Eco Shopping Bag Design Contest”. Pesertanya dari kalangan pelajar, mulai dari sekolah umum hingga mahasiswa.

Proses penyaringan karya dilakukan mulai 1 Mei hingga 30 Juni lalu. Dari ratusan karya yang masuk, tepatnya 127 desain, Sony akhirnya memilih desain karya Langit Diwangkara sebagai pemenang. Desain karya Langit ini bakal dipakai pada shopping bag milik Sony. Langit adalah mahasiswa Universitas Gunadarma Jakarta dan masih berusia 18 tahun.

Penyelenggaraan kompetisi ini bagian dari kampanye global Sony terkait lingkungan, “For The Next Generation”.  Sony Indonesia membantu meningkatkan kesadaran generasi muda Indonesia seputar pentingnya mendukung, melindungi dan memelihara lingkungan melalui Sony Eco Shopping Bag Design Contest.

Sony Eco Shopping Bag Design Contest adalah bagian dari inisiatif Sony secara global “One Blue Ocean Project” yang bertujuan untuk mengurangi polusi lautan yang disebabkan oleh sampah plastik, yang adalah bagian dari “Road to Zero”, rencana global Sony sejak tahun 2010 untuk mencapai zero environmental footprint di tahun 2050.

Desain Reusable Shopping Bag Karya Langit Diwangkara

Penyerahan penghargaan dilaksanakan Rabu (18/9/2019), bertempat di kantor Sony Indonesia, Wisma GKBI, Jakarta. Atas prestasinya tersebut, Langit mendapatkan beasiswa pendidikan dari Sony sebesar Rp 20 juta.

Selain dilakukan penyerahan penghargaan, dalam acara yang dihadiri sejumlah awak media, Sony pun menggelar bincang hangat dengan para pewarta.  Selain  Langit, hadir dalam acara tersebut, Presiden Direktur PT Sony Indonesia, Kazuteru Makiyama, Director of Partnership WWF (World Wildlife Fund) Indonesia, Ade Swargo Mulyo.

“Kami sangat senang melihat banyaknya desain yang amat kreatif yang dikirimkan generasi muda Indonesia yang sangat berbakat dan peduli pada lingkungan,” imbuh Kazuteru dalam sambutannya. Menurut Kazuteru, dalam pemilihan pemenang, ada empat kriterea yang menjadi penilain tim juri, yaitu: desain, kualitas isi, kreativitas dan nilai lingkungan.

Sebelumnya pada 2 Agustus 2019, Sony Corporation meluncurkan One Blue Ocean Project, sebuah inisiatif untuk mengurangi sampah plastik di laut. Proyek ini mempromosikan usaha pengurangan penggunaan plastik di seluruh dunia, dan di saat yang bersamaan juga berkontribusi terhadap komitmen Sony untuk mencapai zero environmental footprint di tahun 2050.  Selain itu, proyek ini juga mengajak untuk mengumpulkan dan membersihkan sampah dari sungai, pantai dan lokasi lainnya di seluruh dunia.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]