× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Indosat Ooredoo Persiapkan Calon Terbaik Bangsa di Bidang Digital

By Redaksi
Presentasi PT Indosat Ooredoo Menggagas ID Camp di Ajang PR Indonesia Award 2020, Kamis (5/3/2020). Foto : Istimewa

Eksistensi industri 4.0 ditandai langkah besar perkembangan teknologi digital. Melalui teknologi digital aktivitas kehidupan berjalan sangat cepat termasuk perkembangan teknologi itu sendiri. Untuk mengantisipasi laju perkembangan yang gegas dan cepat, perlu diimbangi oleh ketersediaan sumberdaya manusia. Data World Bank Report 2016 melaporkan, Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital untuk menunjang perkembangan ekonomi berbasis digital mulai 2015 hingga 2030.

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi sudah menggagas beasiswa bagi sejumlah talenta digital anak negeri. Pada 2018, pemerintah sudah mensertifikasi 1.000 talenta digital ini. Pada 2019 kemarin, tercatat ada 17.507 orang dari target 25.000 ahli digital di Indonesia. Sementara di 2020 ini pemerintah menargetkan kemunculan 60 ribu talenta digital yang mampu melahirkan 1.000 perusahaan startup di bidang digital.

Untuk turut mendukung program pemerintah, PT Indosat Ooredoo bidang CSR pendidikan, menggagas program ID Camp di 2019. Program ini adalah pelatihan coding online yang tersertifikasi. Target pesertanya adalah generasi muda, sehingga kemampuan mereka di bidang digital menjadi cakap, berkompetensi, selain membuka peluang bekerja di industri digital. Program ke depannya akan melibatkan kaum disabilitas untuk mampu mengembangkan aplikasi berbasis android melalui program pelatihan nyata (offline boot camp training).

ID Camp yang dicanangkan Indosat Ooredoo akan berlangsung selama 5 tahun, dimulai dari 2019 kemarin. Pada pelaksanaan pertama (2019) terdapat 26.714 partisipan di mana 4.737 orang tersertifikasi “beginner developers”, 531 tersertifikasi “expert developers”, dan 401 orang masuk menjadi “developers employed”.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]