× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

IKA UNPAD Tanggapi Pandemi Lewat Galang Donasi

By Redaksi
Ilustrasi Gedung Rektorat UNPAD.. Foto : smup.unpad.ac.id

Terjadinya pandemi corona memicu perilaku filantropis dimana-mana. Kali ini, Ikatan Alumni (IKA) Universitas Padjadjaran (UNPAD), menggalang donasi untuk penanganan dampak akibat pandemi.

Menurut Ketua IKA UNPAD 2016 – 2020 , Hikmat Kurnia, pihaknya merasa prihatin dan tergerak untuk memberikan kepedulian bagi warga kampus yang terdampak kebijakan “lockdown” kampus. Akibatnya, para mahasiswa belajar dari rumah atau huniannya masing-masing. Imbasnya, sejumlah mahasiswa terutama yang tinggal di kost, menjadi kesulitan untuk makan.

“(IKA UNPAD) Bekerja sama dengan Palawa UNPAD untuk pendistribusian makanan dan penggalangan dana,” cetus Hikmat dalam jawaban tertulis.

Menurutnya, setiap hari sebanyak 100 – 150 bungkus makanan siap saji disalurkan ke mahasiswa yang tertahan di kost di sekitar lingkungan kampus. Kegiatan ini sudah berjalan mulai 16 Maret hingga 7 April lalu.

“Dalam praktiknya, tidak hanya makanan, tapi juga pendistribusian barang yang dibutuhkan mahasiswa sumbangan para donatur,” imbuh Hikmat. Donasi makanan ini sudah berakhir. Karena menurut Hikmat, para mahasiswa tersebut sudah pulang ke rumahnya masing-masing.

Selain itu, pihak Rektorat UNPAD pun mendirikan tim penanggulangan COVID-19 ini yang salah satu programnya adalah memberi makanan pada mahasiswa bidik misi dan yang tidak bisa pulang. Mahasiswa ini dikumpulkan di Asrama UNPAD, Jatinangor.

Sumbangan alat pelindung diri (APD) pun menjadi perhatian IKA UNPAD. Hikmat menambahkan, donasi untuk APD ini masih terus dilakukan untuk disalurkan ke rumah sakit dan puskesmas. Untuk itu, IKA UNPAD bersama HIMPUNI (Himpunan Ikatan Alumi Perguruan Tinggi Negeri) membantu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan APD  untuk RS dan Puskesmas di beberapa kota di Jawa Barat.

“Gerakan donasi juga dilakukan oleh alumni yang tergabung dalam IKA UNPAD Komisariat Fakultas dan IKA UNPAD Komisariat daerah, seperti Ika Unpad Komda Banten dan Kaltim,” ungkapnya.

IKA UNPAD Fakultas masing-masing pun melakukan hal sama, seperti IKA UNPAD Komisariat Fakultas Hukum, dan Kedokteran.

Selain itu, gerakan donasi APD dan bantuan untuk masyarakat yang terdampak dilakukan juga oleh para calon Ketua Umum IKA UNPAD. Hikmat menceritakan, seharusnya IKA UNPAD melakukan Reuni Akbar dan Pemilu Raya pada 4 April 2020 untuk memilih Ketua Umum yang baru. Namun, karena covid-19 ditunda pelaksanaannya.

“IKA UNPAD mendukung upaya yang dilakukan pihak Rektorat Unpad dalam penanganan COVID-19,” tegas Hikmat. Pihaknya juga mengimbau agar alumni mendukung langkah rektorat dalam hal ini.

Lingga Kartika dari Divisi Pengabdian Masyarakat IKA UNPAD menceritakan, pihaknya sedang mempersiapkan APD ini untuk disalurkan. Di pihak lain, penggalangan dana tambahan terus dilakukan.  APD yang dipesan rencananya full set, mulai dari masker, pelindung mata, pakaian, sarung tangan, dan sebagainya.

“Saat ini, tim mengumpulkan atau berbagi informasi terkait rumah sakit yang membutuhkan. Untuk awal, fokus untuk rumah sakit swasta di area kota Bandung. Hal ini karena Bandung sudah masuk wilayah “red zone”. Selain itu, mobilisasi ke luar kota juga terbatas,” papar perempuan yang biasadisapa Inge ini. Rencananya, donasi akan diserahkan langsung oleh perwakilan tim IKA UNPAD.

Inge menegaskan, penggalangan dana ini jika memungkinakan akan terus dilakukan hingga situasi pandemi COVID-19 ini mereda.

“Selain menggalang donasi konvensional, IKA UNPAD juga akan menjual merchandise, yang hasilnya juga akan dibelikan APD untuk kembali disumbangkan,” pungkas Inge. Merchandise yang dimaksud adalah kaus yang bertemakan corona dengan pesan yang menggugah.   

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]