× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

IBL dan Citi Rangkul 300 Anak Muda Bekasi Agar Mandiri

By Redaksi
Penyelenggaraan Program Skilled Youth ke 4 di Kota Bekasi, Kamis (13/2/2020). Foto : Istimewa

Pengangguran muda masih menjadi salah satu isu sosial utama di Indonesia. Temuan BPS (2019) menyatakan, dari keseluruhan 7,05 juta penduduk menganggur, sekitar 3,98 juta di antaranya berumur 15-24 tahun; tergolong kelompok usia yang sangat produktif.  Mengambil langkah proaktif, Indonesia Business Links (IBL) bersama Citi Indonesia (Citibank) kembali menyelenggarakan Program Skilled Youth guna membekali kemandirian finansial kepada generasi muda Indonesia.  Pada 2020 ini IBL dan Citibank menargetkan 1.000 peserta di lima wilayah.

Kota Bekasi sebagai salah satu wilayah sasaran program, dengan melibatkan lebih dari 300 orang generasi muda. Kota Bekasi dipilih bukantanpa alasan. Dalam laporan “Kota Bekasi dalam Angka 2019” tercatat, dari 1.458.231 angkatan kerja, sejumlah 132.278 menganggur. 

Data BPS lain juga memperlihatkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT)  di Kota Bekasi yang mengalami penurunan 0,84 persen, dari 9,07 persen (2018)  menjadi 8,23 persen (2019). Meski demikian, rasio ini masih lebih tinggi dibandingkan rata-rata TPT Provinsi Jawa Barat – yang mencapai 7,99 persen. 

Menurut Chrysanti Hasibuan-Sedyono, Ketua Dewan Pengelola Indonesia Business Links, Program Skilled Youth diselenggarakan untuk membantu generasi muda Indonesia meraih kesempatan ekonomi yang lebih baik. Salah satunya dengan peningkatan kompetensi diri guna menjadi tenaga kerja ataupun wirausahawan muda andal.

“Harapan kami, inisiatif Program Skilled Youth secara berkesinambungan turut berkontribusi positif menurunkan jumlah pengangguran di Indonesia, termasuk di Bekasi,” tambah Chrysanti.

Sementara, Ananta Wisesa, Head of External Communications Citi Indonesia menyatakan, sesuai dengan misi dari Citi yaitu enabling growth and economic progress, pihaknya memberikan perhatian penting terhadap generasi muda melalui program sosial kemasyarakatan yang dijalankan. Melalui Program Skilled Youth ini, Ananta berharap akan semakin banyak generasi muda yang dapat menerima manfaat dari program yang diikuti.

Selama periode penyelenggaraan, Program Skilled Youth di Kota Bekasi akan merangkul kalangan muda dengan menghadirkan rangkaian aktivitas secara terencana.  Aktivitas tersebut meliputi literasi finansial, penguatan karakter dan perilaku, pelatihan keterampilan teknis dan kewirausahaan, serta pendampingan pencarian kerja dan mentoring usaha.

Pelaksanaan program juga melibatkan berbagai pihak, antara lain lembaga pelatihan, pemerintah, pelaku bisnis lokal, dan komunitas, guna menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pemberdayaan generasi muda. 

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]