× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

IBCSD Launching SDGs Working Group

By Redaksi
Dok. Cecep Superatman Saputra untuk Majalahcsr.id

Jakarta – Majalahcsr. Melalui Perpres No. 59 tahun 2017, pemerintah Indonesia secara resmi meratifikasi komitmen bersama negara-negara di dunia, yang disebut Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Artinya, segala lini pembangunan di Indonesia harus sejalan dengan ke 17 tujuan tersebut.

Karenanya, pemerintah juga berkomitmen melaksanakan agenda SDGs dengan mengintegrasikan 169 target SDGs ke dalam RPJMN 2020-2024.

Dari data UNEP, dibutuhkan kurang lebih 5 – 7 triliun USD per tahunnya untuk mendanai SDGs dan juga sekitar 90 triliun USD terestimasi untuk mendukung tujuan dari Paris Agreement 15 tahun mendatang. Atas dasar tersebut Bisnis memegang peran penting untuk bermain sebagai sumber dari investasi dan sebagai penggerak dari pengembangan teknologi dan inovasi, serta sebagai mesin dari pertumbuhan ekonomi dan pemenuhan tenaga kerja.

Munculnya komitmen pemerintah terhadap SDGs kemudian merupakan dorongan kuat bagi para pelaku usaha untuk untuk bertranformasi lebih cepat dari ‘business as usual’ ke bisnis yang berkelanjutan. SDGs dengan 241 indikatornya menawarkan sektor swasta sebuah kerangka kerja untuk mentranslasi kebutuhan dan ambisi global kedalam solusi bisnis.

Untuk itu, Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD), asosiasi yang dipimpin oleh para CEO yang memiliki komitmen bersama dalam mendorong pembangunan berkelanjutan, memfasilitasi sektor swasta melalui acara diskusi sekaligus peluncuran SDGs Working Group. Kelompok kerja ini selanjutnya akan menjadi wadah bagi perusahaan untuk bekerja bersama mengejar pemenuhan target SDGs yang sudah menjadi komitmen pemerintah Indonesia.

Dukungan swasta terhadap pemerintah juga disiratkan oleh President IBCSD, Shinta Kamdani, “hari ini kita berkumpul untuk melihat bahwa sektor swasta dan pemerintah tidak lagi bekerja sendiri, tidak lagi bekerja dalam silo,” ujarnya saat sambutan, Kamis (6/9).

Sebagai pebisnis, Shinta dan perusahaan swasta lainnya  pemerintah, dan masyarakat sipil akan bekerja sama untuk mendorong perubahan nilai yang diinginkan dan perubahan perilaku, untuk pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Hal ini menurutnya tanggung jawab yang umum, tetapi berbeda.

Acara diskusi dan peluncuran tersebut juga mendapat dukungan dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia, Bambang Brodjonegoro, yang hadir sebagai Keynote Speaker. Turut hadir pula 3 pembicara lainnya yang tidak kalah menarik yaitu, Kepala Sekretariat SDGs Dr.Nina Sardjunani, President Director PT RAPP Sihol P. Aritonang, serta President Director PT ERM Indonesia Willem de Jonge.

Kehadiran para narasumber tentunya menjadi kunci untuk kesuksesan acara peluncuran dan diskusi ini, serta kelancaran kinerja kelompok kerja besutan IBCSD ini ke depannya.

Keywords: , ,

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]