× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Hiasan Unik dari Sampah

By Redaksi
Foto: Bordalo II via www.thisiscolossal.com

Lisbon – Majalahcsr. Kepedulian orang akan lingkungan yang bersih masih kurang, jika ada pun, baru sebatas lingkungan rumahnya saja. Padahal jika lingkungan kita bersih, maka jaminan hidup yang sehat akan lebih besar.

Minimnya perhatian orang-orang terhadap lingkungan publik membuat seniman jalanan asal Portugis, Artur Bordalo, mendapatkan ide untuk menciptakan hiasan kota yang berasal dari sampah atau limbah. Seperti yang dilansir dari Colossal dan dikutip kembali dari Greeners.co, Bordalo atau lebih dikenal dengan sebutan Bordalo II, menciptakan hiasan berbentuk hewan berukuran besar dari plastik bekas, bagian mobil dan sampah lainnya untuk mengkritik ketidakpedulian orang-orang terhadap lingkungan tersebut.

Bordalo II memamerkan beberapa karya seni jalanan yang berani di sebuah gudang kosong yang ditinggalkan di kota Lisbon. Di pameran tunggal Bordalo II, Attero – dalam bahasa Latin berarti ‘limbah’, sampah diberi kehidupan baru sebagai hiasan hewan yang berwarna-warni.

Foto: Bordalo II via www.thisiscolossal.com

Bordalo II sering mengubah partikel organik hasil dari proses penguraian sampah (detritus) menjadi hiasan hewan karena ia beranggapan bahwa orang-orang yang sering membuang sampah sembarangan dan mencemari lingkungan secara tidak langsung telah membuat hewan sangat rentan terhadap bahayanya.

Lara Seixo Rodrigues, pendiri organisasi seni nirlaba Mistaker Maker dan pengurus Attero, mengatakan bahwa Attero memanggil kita untuk merenungkan apa yang kita konsumsi. “Entah dalam skala besar atau kecil, kreasi pahatannya yang tidak biasa mengharuskan kita untuk mempertanyakan dan memikirkan kembali peran kita sendiri sebagai aktor dalam masyarakat yang statis, konsumeris, dan merusak diri sendiri, yang mengeksploitasi, seringkali dengan cara yang kasar, sumber daya yang ditawarkan alam kepada kita.” Ujar Rodrigues kepada Colossal.

Bordalo II menggemakan gagasan ini dalam biografinya di Facebook. Dia mengatakan bahwa dia termasuk “generasi yang sangat konservatif, materialis, dan serakah.” Seniman yang lahir pada tahun 1987 ini merevitalisasi benda-benda bekas pakai yang dibuang oleh orang lain untuk menciptakan karyanya.

Foto: Bordalo II via www.thisiscolossal.com

Patung hiasan Bordalo II seringkali dibuat dalam skala besar, terbentang di dinding bangunan. Meski demikian, dalam pameran ini juga ditampilkan hiasan-hiasan kecil di pintu tua, kaca jendela, atau dinding.

Sekitar 8.000 orang telah mengunjungi pameran tersebut selama minggu pertama. Pameran Attero diadakan pada bulan November 2017 lalu di Rua de Xabregas 49, 1900-439 Beato, Lisbon. Selain itu tiket masuk ke pameran ini gratis. Jika Anda tidak sempat berkunjung ke Lisbon, anda bisa lihat lebih banyak karya-karya Bordalo II di Facebook dan Instagram-nya.

 

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]