× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Hematan Energi Mulai dari Diri Sendiri

By Redaksi

Jakarta – Majalahcsr. Bumi sudah mulai berumur, begitu juga sumber energi yang berasal dari perut bumi juga mulai berkurang. Sudah sepantasnya, hal ini menjadi perhatian bagi semua pihak, utamanya pemakai energi fosil yang porsinya besar agar melakukan penghematan.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan & Konservasi Energi Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral RI (ESDM) Rida Mulyana mengatakan bahwa ketahanan energi sudah menjadi perhatian dunia. Karena mayoritas sumber energi yang dipakai masih energi yang habis pakai, seperti batu bara dan minyak bumi.

Mendukung hal ini, PT Astra Internasional Tbk mengadakan Astra Hemat Energi selama satu bulan mulai 1 November – 1 Desember 2017, sehingga  seluruh perusahaan Grup Astra akan melakukan gerakan hemat energi secara serempak dan dalam bentuk program yang nyata dan terhitung.

Melalui penghematan selama satu bulan penuh ini diharapkan dapat meningkatkan awareness dan partisipasi karyawan serta para stakeholder perusahaan akan pentingnya penghematan energi.

“Saya mengapresiasi kegiatan yang digelar Astra ini untuk menghemat dan mengonservasi energi. Semoga semakin banyak perusahaan lain yang meniru kegiatan seperti ini,” ungkap Rida.

Grup Astra melakukan penghematan energi setara dengan Rp408 miliar pada sepanjang tahun 2017 ini, naik 141,4% dibandingkan dengan penghematan pada tahun sebelumnya sebesar Rp169 miliar. Jika dikonversikan, penghematan energi tersebut sebanyak 1.549 terajoule (satuan energi), naik 92% dibandingkan dengan 807 terajoule pada tahun sebelumnya serta menurunkan 125.000 ton CO2, bertambah 71% dari tahun sebelumnya sebesar 73.000 ton CO2.

Bersamaan dengan penghematan dari konservasi energi tersebut, PT Astra International Tbk kembali memberikan penghargaan Astra Green Energy Awards yang terangkum dalam Astra Green Energy Summit (AGES) 2017 yang diadakan selama 2 hari (31 Oktober hingga 1 November 2017).

Memasuki tahun pelaksanaannya yang kedua, AGES merupakan wujud nyata dari upaya meningkatkan efisiensi energi dan konservasi, serta mempromosikan teknologi bersih dan industri hijau dalam mencapai bisnis yang berkelanjutan dan keunggulan kompetitif.

“Kami berharap program Astra Green Energy Summit dapat menginspirasi bukan hanya anak-anak perusahaan Astra, tapi juga semua pihak untuk melakukan konservasi energi. Kami meyakini program ini sangat penting bagi Astra dan juga bagi Indonesia. Penghematan energi adalah satu-satunya cara kita dapat memberikan bumi yang lebih baik bagi generasi muda Indonesia,” tutur Chief of Corporate Communications, Environment and Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas yang turut menghadiri acara awarding.

 

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]