banner
Berita

Hemat Energi Demi Masa Depan Anak Cucu

1233 views

Jakarta – Majalahcsr. Ajarkan dan tularkan perilaku hemat energi anda kepada anak, keluarga, sahabat dan semua yang dikenal. Pasalnya, cadangan energi (minyak dan gas) Indonesia tidak banyak.

Direktur Pertamina Hulu Energi, PT Pertamina, Syamsu Alam menjelaskan bahwa banyak orang mengatakan Indonesia masih kaya minyak. Cekungan-cekungan didalam laut juga dikatakan sebagai cekungan migas untuk menunjukkan betapa Indonesia mempunyai cadangan migas yang amat besar.

“Sebenarnya cekungan ini adalah cekungan geologi atau sedimen yang baru berpotensi mempunyai migas,” ujar Alam, disela-sela buka bersama PT Pertamina dan Media Senin (28/5).

Indonesia sendiri menurut data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mempunyai 60 cekungan. Lokasi cekungan yang berpotensi besar mengandung migas berada di Indonesia Timur.

Dijelaskan Alam, laut Indonesia Timur mayoritas adalah laut dalam. Jangankan eksplorasi untuk laut dalam, untuk laut yang tidak termasuk dalam saja biayanya sangat mahal. “ Satu sumur bisa mencapai Rp150 juta, itu juga belum tentu ada minyak dan gasnya. Kita perlu partner, itu tidak bisa dipungkiri,” tuturnya.

Berbicara mengenai energi, siapa yang harus bertanggung jawab? Alam mengajak semua pihak yang menjaga untuk bisa menyiapkan energi untuk anak cucu di masa mendatang.

Alam berharap agar Indonesia mulai berpikiran seperti Negara Jepang dan Korea. Meskipun mereka tidak mempunyai sumber energi, tetapi mereka mempunyai cadangan energi diluar negaranya untuk dibawa pulang.

Sebagai informasi, dari 60 cekungan di Indonesia, 9 cekungan sudah di bor, tapi belum dikembangkan. 13 cekungan sudah dibor, tapi blom berhasil temukan migas, sehingga sekarang statusnya masih dry hole.

Sedangkan yang belum pernah di bor ada 22 cekungan karena belom dibuka sebagai daerah open area. Lokasi sumur ini di Indonesia Timur, offshore dan laut dalam.

Keywords: , ,
banner