× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Hasil Survei Mal ‘Paling Parah’ Melanggar Larangan Merokok

By Redaksi
Larangan Merokok di Mall - tempo.co

Hasil survei yang dilakukan Forum Warga Kita Jakarta (Fakta) menyimpulkan Pusat Grosir Cililitan (PGC) di Jakarta Timur merupakan lokasi pusat pembelanjaan terparah yang melanggar aturan tentang larangan merokok.

Fakta menjelaskan survei itu dilakukan pada 15 mal dan 13 pasar yang ada di Jakarta. Survei disebut dikerjakan pada 17 – 19 Juni 2019.

“Yang paling parah itu PGC,” kata Yati dari tim Fakta usai Peluncuran Hasil Survei Kawasan Dilarang Merokok di Mal dan Pasar di Jakarta, Senin (12/8).

Menurut Fakta, 60 persen mal dan 92 persen pasar di Jakarta ditemukan orang merokok di dalam gedung. Hal itu mencerminkan pelanggaran pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2010 tentang Kawasan Dilarang Merokok.

Kesadaran pedagang dan pengunjung dirasa sangat kurang untuk menerapkan peraturan itu meski penanda dilarang merokok sudah dipasang di beberapa titik dan lorong gedung. Yati bilang basement dan lantai tiga di PGC merupakan dua lokasi yang paling banyak ditemukan seseorang merokok.

Fakta berharap hasil survei mampu mendorong Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan pengawasan dan penegakan aturan tentang Kawasan Dilarang Merokok di dalam mal dan pasar.

Terkait larangan merokok, Jakarta sudah diperkuat Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara Jakarta, Pergub Nomor 88 Tahun 2010 tentang Kawasan Dilarang Merokok, dan Pergub Nomor 50 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembinaan dan Penegakan Kawasan Dilarang Merokok.

Sumber :
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190813021552-20-420740/hasil-survei-mal-paling-parah-melanggar-larangan-merokok?tag_from=wp_wm_cnn

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]