× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Hasil Survei Mal ‘Paling Parah’ Melanggar Larangan Merokok

By Redaksi
Larangan Merokok di Mall - tempo.co

Hasil survei yang dilakukan Forum Warga Kita Jakarta (Fakta) menyimpulkan Pusat Grosir Cililitan (PGC) di Jakarta Timur merupakan lokasi pusat pembelanjaan terparah yang melanggar aturan tentang larangan merokok.

Fakta menjelaskan survei itu dilakukan pada 15 mal dan 13 pasar yang ada di Jakarta. Survei disebut dikerjakan pada 17 – 19 Juni 2019.

“Yang paling parah itu PGC,” kata Yati dari tim Fakta usai Peluncuran Hasil Survei Kawasan Dilarang Merokok di Mal dan Pasar di Jakarta, Senin (12/8).

Menurut Fakta, 60 persen mal dan 92 persen pasar di Jakarta ditemukan orang merokok di dalam gedung. Hal itu mencerminkan pelanggaran pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2010 tentang Kawasan Dilarang Merokok.

Kesadaran pedagang dan pengunjung dirasa sangat kurang untuk menerapkan peraturan itu meski penanda dilarang merokok sudah dipasang di beberapa titik dan lorong gedung. Yati bilang basement dan lantai tiga di PGC merupakan dua lokasi yang paling banyak ditemukan seseorang merokok.

Fakta berharap hasil survei mampu mendorong Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan pengawasan dan penegakan aturan tentang Kawasan Dilarang Merokok di dalam mal dan pasar.

Terkait larangan merokok, Jakarta sudah diperkuat Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara Jakarta, Pergub Nomor 88 Tahun 2010 tentang Kawasan Dilarang Merokok, dan Pergub Nomor 50 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembinaan dan Penegakan Kawasan Dilarang Merokok.

Sumber :
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190813021552-20-420740/hasil-survei-mal-paling-parah-melanggar-larangan-merokok?tag_from=wp_wm_cnn

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]