× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Habitat Indonesia Dukung 100 Perempuan Terpilih Berwirausaha di Masa Pandemi

By Redaksi
Diskusi Pemberdayaan Perempuan Lewat Wirausaha UMKM Digital oleh Habitat Indonesia. Foto : Istimewa

MajalahCSR.id – Masa pandemi mendorong aktivitas lebih banyak beralih ke teknologi digital, termasuk aktivitas ekonomi. Dalam rangka memperingati Hari Kartini  tanggal 21 April 2021, Habitat berkolaborasi dengan INFINA, KelarBos dan Bukalapak memberikan serangkaian pelatihan digital marketing terhadap 100 perempuan hebat hasil seleksi terpilih. Mereka adalah para perempuan yang berupaya membantu  suami yang mengalami penurunan pendapatan atau kehilangan pekerjaan akibat pandemi. Rangkaian pelatihan itu diberi nama program “Dukung Ibu Menjadi Wirausaha di Masa Pandemi”.

Program ini meningkatkan kemampuan mereka dalam memasarkan produk secara online guna mendapatkan penghasilan yang optimal. Bekerja sama dengan INFINA, setiap peserta mendapatkan dukungan dari influencer untuk mempromosikan produk dari 100 perempuan tersebut agar produk tersebut bisa dikenal lebih luas.

Selain itu, peserta juga diberikan bantuan biaya internet sebesar Rp 150.000,- per orang dan modal usaha sebesar Rp 200.000. Kegiatan ini juga didukung aplikasi KelarBos yang akan memberikan pendampingan berupa platform pencatatan dan pelaporan operasional untuk memastikan kegiatan penjualan para ibu  dapat terpantau dan terevaluasi dengan baik.

Susanto, Direktur Nasional Habitat Indonesia mengungkapkan dalam rangka memperingati Hari Kartini, Habitat Indonesia ingin mengapresiasi perjuangan ibu dengan memberikan dukungan bagi mereka yang berjuang menopang kehidupan keluarga.

“Habitat berupaya memanfaatkan tren teknologi digital untuk berwirausaha bagi keluarga berpenghasilan rendah yang terdampak pandemi agar tetap bisa memiliki mata pencaharian dari  rumah. Pelatihan yang sama sudah dilakukan di berbagai daerah dan telah membantu banyak ibu-ibu menjadi wirausaha yang berhasil,” kata Susanto.

Sementara Siti Sufintri Rahayu, VP Corporate Affairs Bukalapak menegaskan, “Bukalapak ingin terus memberdayakan pelaku usaha perempuan di seluruh Indonesia, salah satunya dengan meningkatkan literasi digital melalui pemanfaatan teknologi. Dengan begitu, kami berharap dapat menciptakan dampak bagi para pelaku UMKM perempuan dengan membantu mereka mengembangkan usahanya, serta berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi bangsa Indonesia.”

Rachel Octavia, Direktur Marketing INFINA, mengungkapkan, pihaknya selalu berkolaborasi dengan pihak-pihak yang memiliki visi yang sama untuk mendukung dan memberdayakan UMKM Indonesia. “Kali ini bersama dengan Habitat  Indonesia, kami menyusun program pelatihan terapan praktis agar 100 perempuan terpilih ini memiliki pengetahuan berwirausaha dan pemasaran digital. Dengan begitu, mereka bisa bersaing di ranah digital serta konsisten menjaga dan mengembangkan bisnisnya demi kesejahteraan keluarga.”

Sebagai penyemangat dan apresiasi kepada para ibu peserta pelatihan, hadiah jutaan rupiah telah disediakan bagi para ibu yang nantinya berhasil meraih omset tertinggi dari penjualan online. Pemenang pertama akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 5.000.000,-, pemenang kedua Rp 3.000.000,-, dan pemenang ketiga Rp 2.000.000,- serta voucher belanja. Program ini berlangsung mulai April hingga akhir Mei 2021, dan pemenang akan diumumkan pada tanggal 3 Juni 2021.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]