× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Gubernur DKI Jakarta Putuskan Pemberlakukan PSBB Mulai Jumat 10 April 2020

By Redaksi
Warga Beraktivitas Memakai Masker di Kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Selasa (7/4/2020) malam, di Balaikota Jakarta mengumumkan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan mulai Jumat (10/4/2020). Pada Rabu (8/4/2020) hingga Kamis (9/4/2020), pemerintah akan mensosialisasikan peraturan ini ke warga.

DKI Jakarta adalah kota pusat pemerintahan, sehingga, menurut Anies, pemerintah daerah DKI Jakarta membaginya ke dalam 3 kelompok. Pertama, pemerintahan termasuk didalamnya militer dan polisi akan tetap melakukan pelayanan kepada masyarakat atau bekerja seperti biasa.

“Yang bekerja dari rumah diatur oleh atasannya masing-masing,” kata Anies.   

Kedua, dunia usaha. Untuk seluruh kegiatan perkantoran, sekolah dihentikan sementara atau kegiatan dilakukan dari rumah. Anies dalam penyampaiannya kepada media, menyebut ada 8 sektor aktivitas dunia usaha yang dikecualikan dari PSBB. Kedelapan sektor itu adalah:

  1. Sektor kesehatan. Termasuk didalamnya pelayanan rumah sakit, puskesmas, klinik, industri kesehatan seperti produsen sabun, disinfektan dan lain-lain.
  2. Sektor pangan: makanan dan minuman. Rumah makan, restoran, dan lain-lain diperkenankan tetap beroperasi untuk memenuhi kebutuhan pangan sebagian warga.
  3. Sektor energi. Perusahaan penyedia energi mulai dari air, listrik, bahan bakar minyak, gas LPG, dan lain-lain berfungsi seperti biasa.
  4. Sektor komunikasi. Untuk kantor jasa komunikasi dan media media komunikasi dapat terus berjalan.
  5. Sektor keuangan perbankan termasuk pasar modal. Layanan jasa keuangan termasuk salah satu yang dikecualikan dari penerapan PSBB dalam lingkup terbatas.
  6. Sektor logistik. Layanan ekspedisi pengiriman barang tetap menjalankan kegiatan tentunya tetap dengan mentaati prosedur tetap penanganan COVID-19.
  7. Kebutuhan keseharian/retail mulai dari pasar, toko kelontong, supermarket, dan lainnya tetap diizinkan beraktivitas dan mengacu pada prosedur tetap penanganan COVID-19.
  8. Sektor industri strategis, termasuk industri tekstil yang memproduksi APD dan masker dan industri obat-obatan.  

Selain sektor tersebut di atas, juga ada sektor lain seperti Lembaga Swadaya Masyarakat/organisasi sosial yang terkaitt dengan penanganan wabah COVID-19. Contohnya lembaga pengelolaan zakat, atau yang menangani bantuan sosial, juga lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang kesehatan terkait COVID-19

“Untuk kedelapan sektor yang dikecualikan tetap harus mengikuti protap COVID-19,” tegas gubernur.  

Ketiga adalah warga masyarakat. Sementara fasilitas publik milik pemerintah atau swasta (taman, balai pertemuan, gedung olahraga, museum) ditutup. Pernikahan dan khitan tetapboleh dilakukan kecuali perayaannya  seperti resepsi pernikahan dan khitan, yang mengundang banyak orang berkumpul dilarang.

Transportasi Umum

Anies juga menyinggung soal transportasi umum. Menurutnya jam operasional dan penggunaan transportasi umum dibatasi. Jam operasional diberlakukan mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Sementara jumlah penumpang turut diatur sedemikian rupa sehingga hanya sebatas 50% dari kapasitas normal. Saat disinggung wartawan, soal pembatasan kendaraan pribadi yang masuk ke Jakarta, Anies menjelaskan, kendaraan pribadi tidak ada larangan untuk masuk wilayah Jakarta. Kendaraan pribadi tidak diatur oleh pemerintah seperti tranportasi umum, namun tegas Anies tetap harus ada physical distancing.

“Artinya jumlah penumpang di kendaraan tersebut supaya dibatasi,” camkan Anies. Untuk taksi dan ojek online pun sama, akan ada pembatasan jumlah penumpang.

Tanggung Jawab Sosial Pemerintah

Menyikapi dampak yang terjadi akibat pemberlakukan PSBB, Anies menyatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan memberikan bantuan kepada warga.

“Pemerintah DKI Jakarta akan memberikan bantuan sembako bagi warga miskin dan golongan rentan akibat pemberlakuan PSBB dan juga menurunnya kondisi perekonomian akibat wabah,”ungkap Anies. Distribusi bantuan tersebut, imbuh Anies, akan mulai dilakukan pada Kamis (9/4/2020) d kawasan padat dan kawasan yang membutuhkan.

Selain itu, untuk membantu penerapan PSBB, Pemprov melalui BUMD sudah menerapkan mekanisme belanja online di 105 pasar jaya di wilayah ibukota.

Pemberlakuan PSBB juga tidak mengizinkan warga di wilayah DKi Jakarta untuk melakukan kegiatan yang mengakibatkan kerumunan di atas 5 orang.

“Kami akan mengambil tindakan tegas. Pemprov, polisi dan TNI akan melakukan kegiatan penertiban dan memastikan seluruh ketentuan PSBB diikuti oleh seluruh masyarakat,” tegas Anies. Pemerintah, menurutnya, akan melakukan kegiatan patroli di semua wilayah secara tegas.

Anies mengaku secepatnya akan mengeluarkan peraturan terkait pelaksanaan PSBB ini secepatnya.

“Ketaatan kita untuk mentaati pembatasan pergerakan dan interaksi itu akan sangat mempengaruhi kemampuan kita untuk mengendalikan virus (corona) ini,” harap Anies.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]