× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Grup TMT Bantu Proses Pemulihan Warga Korban Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Palu

By Redaksi

Grup PT Tiara Marga Trakindo (TMT) berkomitmen untuk ikut terlibat dalam upaya pemulihan warga korban bencana gempa bumi dan tsunami Palu. Serah terima bantuan untuk pemulihan awal telah dilakukan melalui pelaksanaan program Early Recovery Palu.

Ini merupakan bagian dari komitmen tanggung jawab sosial dari Grup TMT yang bertekad senantiasa berkontribusi aktif membantu masyarakat yang terkena bencana dan mengajak karyawan grup perusahaan untuk ikut ambil bagian,” demikian dijelaskan perwakilan dari Grup TMT, Rindra Donovan.

Program Early Recovery Palu ini dilaksanakan dengan membangun 25 unit Rumah Sementara Ramah Gempa (RUMTARA RG) di Desa Sibonu, Desa Balaroa Pewunu, dan Desa Pewunu, Kabupaten Sigi, serta merenovasi tiga ruang kelas di SDN Inpres 1 Ujuna, Palu. Kabupaten Sigi yang berada tidak jauh dari titik gempa merupakan salah satu wilayah yang terdampak cukup parah pasca terjadinya gempa bumi sebesar 7,4 SR pada 28 September 2018 lalu yang melanda wilayah Donggala, Palu, Sulawesi Tengah.

“Program Early Recovery Palu ini merupakan salah satu bentuk kontribusi Tanggap Bencana Grup TMT dalam mendukung dan mempercepat proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana dengan memastikan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat melalui pemenuhan tempat tinggal dan sarana pendidikan mereka. Melalui program pembangunan RUMTARA RG di lahan pribadi warga dan juga renovasi ruang kelas, bantuan ini telah memberi manfaat bagi setidaknya 200 warga korban bencana,” ujar Rindra lebih lanjut.

TMP sendiri adalah grup perusahaan yang memfokuskan kegiatan tanggung jawab sosialnya pada empat pilar utama yaitu Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, dan Tanggap Bencana dalam menjalankan tata kelola perusahaan yang baik.

“Bantuan ini merupakan wujud komitmen dan sinergi dari anak-anak usaha di lingkungan Grup TMT seperti PT Trakindo Utama, Grup MahaDasha (PT Mahadana Dasha Utama), Grup ABM (PT ABM Investama, Tbk.), serta kontribusi donasi dari seluruh karyawan di lingkungan Grup TMT yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Kami telah berpartisipasi aktif mengirimkan bantuan sejak masa Tanggap Darurat Palu dicanangkan dengan mengirimkan bantuan berupa alat berat, Tim Tanggap Darurat (ERT), serta bantuan logistik untuk korban bencana. Kini, kami kembali hadir mendukung masyarakat Palu dan sekitarnya pada tahap pemulihan. Kami berharap bantuan ini dapat membantu masyarakat untuk segera pulih dan kembali beraktivitas secara normal,” jelas Rindra.

Fasilitas bantuan yang telah selesai dibangun dan mulai digunakan warga sejak 25 Desember 2018 lalu merupakan hasil kerja sama Grup TMT dengan Dompet Dhuafa, serta menjadi bagian dari penyelenggaraan rehabilitasi dan rekonstruksi pada tahapan pemulihan pasca bencana yang terintegrasi, dan dilaksanakan sesuai dengan arahan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dengan dilakukannya serah terima secara resmi fasilitas bantuan oleh perwakilan Grup TMT kepada perwakilan warga penerima manfaat dan pihak SDN Inpres 1 Ujuna, Palu, Grup TMT berharap hal ini dapat turut mempercepat proses pemulihan Palu secara keseluruhan.

Perbincangan kami di Selasa (08/01/19) siang itu berlangsung santai. Venue di kedai kopi ternama di kawasan Kuningan turut pula mendukung obrolan ringan kami. Restu Pratiwi demikian nama lengkap tokoh MajalahCSR minggu ini. Mengaku menyenangi pekerjaannya yang berhubungan dengan pembangunan kemasyarakatan. Dia tercatat pernah menjadi konsultan sosial kemasyarakatan di berbagai lembaga/organisasi, baik swasta maupun nirlaba, nasional […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]