× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Greenfields Dukung Masyarakat #Dirumahaja dengan Asupan Bergizi

By Redaksi
Pekerja Pabrik di Greenfields Sudah Mengadopsi APD agar Kualitas Produk Terjaga. Foto : Istimewa

Saat ini, kita semua dianjurkan untuk tetap berada di rumah dan menerapkan physical distancing demi mengurangi penyebaran virus Corona. Walaupun berada di rumah, kita perlu tetap menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh kita agar bisa terus fit dan tidak mudah terjangkit penyakit. Salah satu cara untuk tetap fit adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, memenuhi kebutuhan gizi harian dan tetap bergerak. Saat ini, kita bisa membeli kebutuhan sehari-hari secara online, termasuk makanan. Beragam pilihan makanan bisa kita pesan secara online dan dikirim ke rumah.

Dr. Matthew Lantz Blaylock, seorang ilmuwan nutrisi mengataka, “Gaya hidup sehat terdiri dari 70% asupan gizi dan 30% olahraga. Di saat kita terus berada di rumah dan tidak bisa berolahraga secara intensif seperti saat kita pergi ke gym atau melakukan olahraga lainnya, kita bisa melakukan gerakan-gerakan ringan untuk tetap aktif bergerak. Porsi makanan yang dianjurkan terdiri dari 40-60% karbohidrat, 20-30% lemak dan 15-20% protein. Penting bagi kita untuk bisa mengonsumsi makanan yang bervariasi dan mengubah menu makanan kita setiap harinya. Makanan yang bervariasi adalah dasar dari diet yang sehat dan seimbang.”

Praktik Physical Distancing di Meja Kerja Karyawan Greenfields. Foto : Istimewa

Selain memiliki daya tahan tubuh yang kuat, pikiran juga merupakan faktor penting yang mempengaruhi kesehatan fisik. Di saat seperti sekarang ini, adalah baik bagi kita untuk memiliki pikiran yang tetap positif, meski tak selalu mudah dilakukan. Banyak di antara kita yang cemas dengan situasi saat ini dan banyak juga yang mungkin sudah bosan di rumah dan ada keinginan untuk ke luar rumah. Riset menunjukkan bahwa pikiran yang positif dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh kita. Dengan memiliki pikiran yang optimis, semakin kecil kemungkinan untuk tertular penyakit karena pikiran yang optimis membuat daya tahan tubuh kita berfungsi dengan lebih maksimal.

Sesuai dengan prinsipnya, Passion in Every Drop, ahli produk susu dan produk olahan susu, Greenfields terus berusaha mewujudkan komitmen untuk membantu masyarakat Indonesia memenuhi kebutuhan gizi harian.  Selama bekerja di peternakan dan pabrik, para karyawan Greenfields menerapkan prosedur keamanan dan kebersihan yang ketat serta kebijakan-kebijakan untuk menjamin kesejahteraan mereka.

Mulai akhir Maret, para karyawan peternakan Greenfields akan tinggal di peternakan sampai waktu yang ditentukan. Mereka siap untuk berpisah dari keluarga masing-masing, kemungkinan sampai Hari Raya Idul Fitri demi menerapkan self isolation dan bisa terus menyediakan masyarakat Indonesia dengan produk susu dan produk olahan susu terbaik yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi masyarakat.

Iwan Santoso, Milking Assistant Supervisor mengatakan, karyawan peternakan Greenfields sadar bahwa sekarang ini, penting bagi masyarakat Indonesia untuk bisa mendapat asupan gizi agar bisa tetap fit. Pihaknya akan terus bekerja untuk tetap bisa menyediakan produk susu bergizi yang dapat dinikmati masyarakat Indonesia di rumah masing-masing.

”Walaupun kami harus berpisah sementara dengan keluarga, kami yakin ini adalah langkah terbaik untuk membantu mencegah penyebaran virus Corona. Kami juga merasa bahwa merupakan tanggung jawab kami untuk tetap menyediakan produk susu terbaik kepada masyarakat Indonesia, terutama di saat produk bergizi sangat dibutuhkan,” imbuh Iwan.

“Sekarang ini banyak karyawan perusahaan yang sudah bekerja dari rumah. Memang, kami tidak akan pulang dan bertemu keluarga untuk sementara waktu, tapi ini adalah upaya untuk membantu mengantisipasi penyebaran wabah Corona dan untuk kebaikan keluarga kami juga,” ujar M.Kohar, Feed Coordinator Greenfields di Babadan, Jawa Timur.

Pabrik Greenfields sudah menerapkan protokol pencegahan virus Corona dari sebelum ada kabar virus masuk ke Indonesia. Sejak akhir bulan Januari, pabrik Greenfields sudah menyediakan hand sanitizer untuk para karyawan dan memeriksa suhu tubuh setiap pengunjung sebelum memasuki area pabrik. Pengunjung pabrik juga wajib mengisi travel declaration form dan health declaration form untuk memastikan mereka dalam keadaan sehat dan dalam 14 hari terakhir tidak mengunjungi daerah yang terpapar virus Corona. Bagi karyawan yang baru kembali dari daerah-daerah tersebut, mereka wajib untuk mengisolasi diri dan bekerja dari rumah selama 14 hari sebelum bisa memasuki area pabrik.

Setiap ruangan di pabrik dan titik-titik yang sering disentuh dengan tangan juga disterilisasi dengan disinfektan setiap harinya. Physical distancing juga telah diterapkan di pabrik Greenfields, di mana para karyawan untuk sementara tidak makan bersama di kantin guna mencegah terjadinya perkumpulan orang dalam jumlah yang banyak. Hal yang sama juga diterapkan dalam area ruang kerja. Jarak antar meja kerja minimal 1 meter. Sementara untuk pertemuan koordinasi kerja sudah dilakukan secara virtual.

Greenfields mengajak masyarakat Indonesia untuk membantu mencegah penyebaran virus Corona dengan tetap #DiRumahAja. Banyak hal produktif yang bisa kita lakukan tanpa harus keluar rumah – kita bisa bekerja, beribadah dan berkomunikasi dengan teman-teman secara virtual dari rumah. Greenfields juga ingin mengingatkan masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]