× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Gojek Peduli Bantu Lebih Dari 3.000 Korban Banjir Jayapura

By Redaksi

GOJEK, penyedia layanan on-demand aplikasi di Indonesia bersama mitra driver turut membantu korban banjir dan longsor di Sentani, Jayapura. GOJEK lewat program GOJEK PEDULI mendistribusikan 7 ton bantuan. Bantuan mencapai  3 wilayah yang terkena dampak, diantaranya Distrik Sentani (Posko Lapangan Auri), Distrik Waibu (Kampung Doyo Baru) dan Distrik Sentani Barat (Sabron Yaru).

Mulawarman, Head of Regional Corporate Affairs for East Indonesia GOJEK, mengungkapkan, “Bencana banjir dan longsor karena hujan deras yang menimpa saudara-saudara kita di Sentani menjadi duka mendalam bagi bangsa Indonesia, termasuk kami. Untuk membantu meringankan beban korban, GOJEK mengirimkan bantuan awal  cepat tanggap. Selama masa tanggap darurat, GOJEK melalui tim operasional di Jayapura mengirimkan 7 ton paket bantuan. Bantuan berupa air mineral, makanan siap saji, makanan bayi, selimut terpal dan kebutuhan vital lainnya.”

Sehari pasca banjir dan longsor, Minggu (20/3), GOJEK mensurvey dan menyiapkan bantuan ke lokasi bencana. Tim terkait terus berupaya mengontak seluruh mitra driver GOJEK di Sentani dan kerabat demi memastikan kondisi terakhir.

Penyerahan bantuan logistik diantaranya air mineral 100 box, mie instan 100 box, biskuit 25 box, makanan bayi 50 box, pampers 15 box, pembalut 25 box, terpal 50 lembar, selimut 100 lembar, dan air bersih 5 tangki. Selain itu ada bantuan lain seperti pakaian layak pakai hasil penggalangan Komunitas Driver dan obat-obatan. Diberikan pula bantuan transportasi dua unit truk guna mendistribusikan bantuan ke tiga titik lokasi pengungsian. Lokasi itu ada di Distrik Sentani (Posko Lapangan Auri), Distrik Waibu (Kampung Doyo Baru) dan Distrik Sentani Barat (Sabron Yaru).

Di tempat terpisah, Irawadi, Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura  mengungkapkan “Sejak Sabtu lalu, kami terus berupaya mengakomodir kebutuhan korban bencana yang kian meluas. Kontribusi GOJEK dalam penanganan bencana ini, cukup membantu kami mulai material bantuan dan pendistribusian ke wilayah yang membutuhkan. Dinas Sosial Kota Jayapura dan GOJEK PEDULI akan terus memantau bantuan ini dapat diterima pihak korban yang membutuhkan.”

Data sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Jayapura, hingga pukul 14.00 WIT Rabu (20/3), tercatat 5 distrik terdampak bencana. Sebanyak 99 orang meninggal dunia, 93 orang hilang, 159 orang luka-luka dan 11.725 KK terdampak.

Kepedulian Mitra Driver GOJEK Lakukan Penggalangan Dana

Kepedulian terhadap korban bencana banjir dan longsor di Sentani juga ditunjukkan oleh para mitra driver GOJEK di Jayapura. Secara bersama-sama, para mitra driver GOJEK menggalang dana. Bahkan, ada beberapa komunitas driver yang turun langsung dengan membantu evakuasi warga, kendaraan dan barang-barang kebutuhan warga lainnya.

“GOJEK selalu bangga dengan jiwa sosial mitra driver yang berinisiatif saling bantu sebagai wujud peduli pada sesama. Kami melihat mitra kami sigap tanpa pamrih dalam membantu korban bencana. Bersama mitra driver sebagai jantung ekosistem GOJEK, Ini yang memotivasi kami terus berinovasi memberi dampak sosial bagi masyarakat,” tutup Mulawarman.

Penguna Aplikasi GOJEK bisa turut berdonasi pada korban banjir dan longsor Sentani lewat fitur GO-GIVE di Kitabisa.com dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Layanan ini melibatkan masyarakat pengguna aplikasi GOJEK untuk turut berdonasi.

Caranya, dengan membuka layanan GO-GIVE di menu utama aplikasi GOJEK. Secara otomatis layanan ini akan merujuk kepada website resmi Kitabisa.com dimana penggalangan dana dilakukan. Pengguna bisa memilih jumlah yang akan di donasikan, mulai dari Rp 10.000 sampai dengan Rp 100.000 lalu ikuti petunjuk berikutnya. Selain itu, pengguna dapat menyisipkan pesan yang mendukung program penggalangan dana ini. Sebagai konfirmasi, klik Confirm & Pay serta masukan 6 digit PIN GO-PAY pengguna. Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa donasi anda berhasil.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]