× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Glitter Sekarang Bebas Plastik lho!

By Redaksi
Dok. Bioglitz.co

Jakarta – Majalahcsr. Berbagai macam makeup tercipta karena adanya permintaan pasar. Dari lipstik, eyeshadow, bahkan glittler pun muncul untuk menimbulkan kesan berbeda pada riasan yang digunakan.

Bahan untuk membuat glitter ini ternyata tidak hanya dipergunakan untuk kosmetik saja. Ternyata material ini juga terdapat pada penggunaan dekorasi, mainan, pakaian, dekorasi furnitur, juga aksesori.

Yang menjadikan berbahaya adalah limbah plastik didalamnya yang memantulkan cahaya sekaligus tidak menjadi perhatian selama ini.

Glittler menurut dosen Kimia di State University of New York, Fredonia (SUNY Fredonia), Dr. Sherri Manson yang dimuat dalam Majalah Allure adalah pil racun kecil. Glittler pun menurutnya menjadi salah satu penyumbang dari limbah mikroplastik.

Dok. Bioglitz.co

Dari situ dibuatlah glittler bernama BioGlitz yang dibuat dari bahan yang bisa diurai atau biodegradable. Seorang pengusaha muda yaitu Saba Gray bersama temannya Rebecca Richards menciptakan produk ini pada 2015 berdasarkan inovasi mereka.

“Masalah terbesar kami terhadap industri glitter saat ini adalah banyaknya limbah yang mereka hasilkan. Umumnya mereka memproduksi glitter dari bahan plastik yang berasal dari minyak bumi, dicampur dengan aluminium, lalu dipotong menjadi partikel mikro sehingga mustahil untuk didaur ulang dan berdampak besar pada lingkungan. Sebagai penggemar glitter dan juga bagian dari penghuni bumi, kita harus melakukan perubahan untuk bumi yang lebih baik,” tutur Rebecca seperti dikutip pada laman papermag.com.

Ada beberapa kelebihan dari glitter BioGlitz, diantaranya jaminan 100% mudah terurai dan dapat dijadikan kompos. Selulosa eukaliptus menjadi bahan pembuat produk ini, dengan cara dijadikan gulungan plastik, kemudian dilapisi satu persen material aluminium, ditambah pigmen kosmetik.

Bahkan tanaman eukaliptus yang digunakan untuk produk ini bersertifikasi FSC (Forest Stewardship Council), dan pengelolaannya dilakukan secara ramah, juga berkelanjutan. Glitter ini ringan dan tidak menyebabkan kulit iritasi serta tidak di test pada hewan.

Dok. Bioglitz.co

Banyak warna memikat yang diciptakan dari BioGlitz. Karena bahan yang aman, bebas dari kimia beracun, anak-anak pun bisa menggunakannya. Diklaim oleh Saba, BioGlitz menjadi salah satu langkah untuk masa depan bebas dari sampah plastik dan bahan bakar fosil.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]