× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Gerakan Kurangi Plastik dari Masdarling

By Redaksi

Kesadaran soal bahaya sampah plastik mulai meluas di berbagai kalangan masyarakat. Salahsatunya di kelurahan Gunung Telihan, Kota Bontang. Masyarakat di kelurahan tersebut bahkan berkomitmen untuk mengurangi penggunaan plastik demi meminimalisasi dampak buruk dari sampah plastik.

Bersama dengan Badak LNG yang merupakan bagian dari Pertamina Group, warga di kelurahan ini membentuk “Kampung Masdarling” atau Masyarakat Sadar Lingkungan. Sejumlah program sudah disiapkan warga seperti Kampung Sehat dengan jalan batu terapinya, Kampung Jajan dan Kampung Oleh-oleh yang menyajikan cemilan serta kuliner khas Masdarling, Kampung Main yang menawarkan permainan tradisional dan Perpustakaan Keliling, serta Kampung Narsis yang menjadi spot foto favorit wisatawan.

Pengurangan konsumsi plastik terlihat tidak hanya dalam kegiatan sehari-hari masyarakat, namun juga aktivitas pariwisata yang ada di kampung ini. Misalnya, mengurangi penggunaan sedotan dan gelas plastik, serta meninggalkan penggunaan kemasan makanan seperti oleh-oleh dari plastik. Warga menggantinya dengan bahan yang lebih ramah lingkungan.

Direktur Pemasaran Korporat PT Pertamina (Persero) Basuki Trikora Putra pun memberi apresiasi positif bagi program ini saat mengunjungi Kampung Masdarling, Senin (22/4).

“(Program) Kegiatan ini positif sekali, membangun kesadaran masyarakat untuk bisa hidup lebih baik lagi, membangun perekonomian mereka sekaligus mendidik cinta lingkungan. Program CSR ini dapat menjadi awal bagi masyarakat untuk dapat meningkatkan kesejahteraan sosial mereka,” kata Basuki dengan antusias.

Sementara itu, President Director & CEO Badak LNG Didik Sasongko Widi mengungkapkan, kunjungan dari Direksi ini menambah semangat bagi Badak LNG dalam mengembangkan potensi masyarakat melalui program CSR. “Kami juga berharap masyarakat bisa mencapai kemandirian,” komentarnya.

Kunjungan diakhiri dengan penyerahan 5 unit sepeda secara simbolis oleh Basuki dan Didik kepada kelompok mitra binaan pengelola Kampung Masdarling. Pemberian ini diharapkan mampu menjadi daya tarik baru bagi wisatawan yang akhirnya dapat meningkatkan pendapatan kelompok dan anggota warga di sana.

Badak LNG merupakan perusahaan pengolah gas alam menjadi gas alam cair (LNG) di Bontang, Kalimantan Timur. Sebagai operator kilang LNG kelas dunia yang ramah lingkungan, Badak LNG berhasil mengoperasikan kilang dengan aman, profesional, dan handal. Hal ini dibuktikan dengan pencapaian lebih dari 100 juta jam kerja aman sejak tahun 2006.

Di samping tugas utama tersebut, Badak LNG juga berkomitmen melaksanakan CSR melalui program-program pemberdayaan masyarakat (Community Development). Sejumlah program berhasil membantu masyarakat mencapai kemandirian seperti Pencacah Plastik, Bontang Kuala Ecotourism, dan Koperasi Cipta Busana. Berkat kepiawaian mengelola operasional, lingkungan, dan CSR tersebut, Badak LNG berhasil meraih PROPER Emas 8 kali berturut-turut sejak tahun 2011 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]