× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik 

By Adisa Soedarso

Jakarta – Majalahcsr. Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) adalah perkumpulan nasional yang memiliki misi untuk mengajak masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan kantong plastik. Diet memiliki makna “BIJAK dalam mengonsumsi”. Kampanye ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik yang berlebihan.

Kami memiliki visi untuk menciptakan Indonesia Bebas Kantong Plastik dengan mengajak masyarakat agar meminimalisir penggunaan kantong plastik yang hanya satu kali pakai. Kami mendorong masyarakat untuk selalu membawa tas belanja pakai ulang sendiri dari rumah. Sehingga, konsumsi kantong plastik dapat berkurang. Karena, kami ingin menyelamatkan lingkungan dari dampak kantong plastik yang membahayakan ekosistem baik di darat maupun lautan.

 

Relawan #DKPRanger
Dok. Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP)

Dok. Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP)

Kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik sudah dimulai sejak tahun 2010 dengan nama “Diet Kantong Plastik”. Di awal tahun 2013, terbentuklah Perkumpulan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik di hadapan notaris Fully Handayani Ridwan, S.H., M.Kn dalam akta Pendirian Perkumpulan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik Nomor 1 Tanggal 14 Agustus 2014.

Kami sudah melakukan berbagai kampanye publik dan edukasi sejak tahun 2010 agar masyarakat di Indonesia mendapatkan informasi tentang bahaya kantong plastik, dampak kantong plastik dan solusi yang bisa dilakukan dalam mengurangi konsumsi kantong plastik. Adapun kegiatan-kegiatan lainnya yang rutin dilakukan GIDKP diantaranya :

Rampok Plastik di Kota Tua
Dok. Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP)

  1. #T-shirtBag, membuat sendiri tas belanja pakai ulang dari kaos tak terpakai dengan cara yang mudah dan tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun.
  2. #WisataPlastik, melakukan wisata ke Sungai Ciliwung menggunakan perahu karet untuk mendapatkan edukasi dan gambaran langsung dampak pencemaran kantong plastik di sungai yang bermuara di lautan.
  3. #RampokPlastik, mengambil kantong plastik yang digunakan oleh warga dan menggantinya dengan tas belanja pakai ulang. Kegiatan biasanya dilakukan di ruang-ruang publik sambil mengedukasi masyarakat untuk mengurangi kantong plastik.
  4. #EdukasiDKP, kegiatan edukatif ke sekolah-sekolah SD, SMP dan SMA untuk memberikan wawasan seputar kantong plastik, dampak, bahaya dan solusi mengurangi kantong plastik yang bisa dipraktikkan di sekolah.
  5. #Pay4Plastic, merupakan advokasi yang dilakukan melalui Change.org sejak tahun 2013 untuk mendorong ritel di bawah APRINDO agar tidak memberikan kantong plastik secara gratis kepada konsumen.
  6. #BelanjaCantikTanpaKantongPlastik, adalah program yang dirancang untuk mendorong masyarakat agar membawa tas belanja pakai ulang sendiri dengan bahan dan desain yang unik serta kreatif.

 

Dok. Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP)

Adisa Soedarso

Regional Coordinator Bandung Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP)

“Yang minum obat setiap hari itu tidak hanya kamu. Yang sakit diabetes juga minum obat. Yang hipertensi juga rajin minum obat.” Itulah kata-kata yang Tice sampaikan kepada Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ia dampingi agar mau rajin terapi dan minum obat. Tice adalah seorang ibu rumah tangga yang berkomitmen menjadi pendamping ODGJ, bukan perawat […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]