× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Generasi Millenial Ubah Persepsi Tempat Kerja

By Redaksi

Jakarta – Majalahcsr. Setelah generasi baby boomer dan generasi X bertahun-tahun menguasai dunia kerja, kini sebuah generasi baru hadir untuk mengubah tatanan kaku bentukan generasi sebelumnya untuk kehidupan yang lebih baik. Generasi Y atau yang biasa disebut millennial adalah kelompok usia produktif yang lahir antara periode 1980 hingga 2000. Di dunia profesional sendiri, millennial terus mengalami peningkatan jumlah yang signifikan terutama di ranah perusahaan rintisan/startup.

John Patrick Manuwu, dalam artikelnya di Techinasia.com mengatakan, pada tahun 2025 diperkirakan tiga perempat dari seluruh profesi yang ada di dunia akan diisi oleh mereka yang berasal dari generasi millennial. Pertanyaannya adalah: Apakah bisnis dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan mereka di tempat kerja? Apa saja yang sebenarnya mereka harapkan dari tempat kerja mereka?

Pada artikel kali ini, John membahas tentang beberapa hal yang akan berubah di dunia kerja ketika millennial turut berperan serta di dalam bisnis. Siapkah bisnismu menghadapi perubahan drastis yang akan hadir?

Pemanfaatan teknologi dalam peningkatan kualitas kerja

Dok. Pexels

Sebagai generasi yang besar dengan teknologi, millennial paham betul bahwa teknologi dapat membantu mereka untuk meningkatkan kualitas kerja. Dengan teknologi, setiap pekerja dapat saling terhubung tanpa terbatas ruang dan waktu ini berkat pemanfaatan teknologi mobile yang terus berkembang pesat.

Aplikasi seperti Slack dan LINE menjadi bagian yang tidak terpisahkan di kalangan pekerja millennial Tech in Asia Indonesia. Dengan bantuan kedua tool tersebut, mereka memiliki kemampuan untuk berkolaborasi satu sama lain tanpa perlu repot bertukar dokumen secara manual antar departemen yang berkaitan.

Menurut John, “kemalasan” para millennial juga dimungkinkan menjadi pemicu untuk menciptakan sebuah solusi untuk menyelesaikan pekerjaan secara lebih cepat, mudah, dan hemat. Bayangkan sebuah pekerjaan yang harusnya baru selesai selama berhari-hari, kini bisa rampung dalam waktu beberapa jam saja.

Di beberapa perusahaan, proses wawancara menggunakan layanan streaming video juga sudah menjadi hal yang lumrah, karena mungkin saja perusahaan tidak memiliki waktu dan tempat yang cocok untuk melakukan wawancara. Di sisi lain, sistem seperti ini juga menjadi alternatif yang tepat guna serta hemat biaya untuk menyaring kandidat pekerja.

Tempat kerja yang lebih menyenangkan

Dok. Pexels

Berbeda dengan generasi sebelumnya yang tak sabar menunggu jam lima sore untuk bergegas antre di mesin absen dan pulang millennial tidak ingin kantor mereka terasa seperti sebuah tempat yang tidak menyenangkan. Mereka menginginkan lingkungan kerja layaknya rumah mereka sendiri di mana mereka bisa makan, minum, bekerja, bermain, dan beristirahat sesuka hati mereka.

Millennial tahu betul bahwa mereka akan menghabiskan cukup banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Karena itu, mereka akan berusaha untuk membangun sebuah suasana kerja yang menyenangkan.

“Jangan heran jika kamu melihat seorang millennial yang tiba-tiba tidur di tengah jam kerja, atau bermain video game seusai melakukan sprint dengan tim mereka. Hal ini semata-mata mereka lakukan agar produktivitas mereka tetap terjaga.”

Untuk mendapatkan perhatian para millennial, kamu juga dapat menghadirkan keseruan di tempat kerja dengan berbagai fasilitas, antara lain:

  • Snack bar gratis
  • Cuti tak terbatas
  • Kesempatan untuk bekerja secara remote
  • Fasilitas gym
  • Gaming room
  • Team dinner untuk seluruh anggota tim

Tentu saja fasilitas di atas harus hadir dengan syarat dan ketentuan yang jelas agar tidak terjadi penyalahgunaan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]