× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

FreeWater, Startup untuk Air Minum Gratis

By Redaksi
Startup FreeWater yang Memberikan Donasi Bagi Mereka yang Butuh Akses Air Bersih. Foto : Juice Consulting

MajalahCSR.id – Banyak pihak kini mulai menggandrungi konsep ekonomi sirkular terutama kalangan muda. Salah satu buktinya adalah perusahaan startup asal Austin, Texas, AS, bernama FreeWater. Startup ini berpromosi dengan cara yang unik.

FreeWater adalah minuman ramah lingkungan. Yang menjadi pembeda, harganya ternyata dibayar oleh pengiklan yang dicetak langsung dalam kemasan yang bebas BPA. Perusahaan dapat memilih cara pendistribusian apakah secara gratis atau menjualnya.  

Minuman dikemas dengan botol almunium dan kertas karton. Mengutip Inhabitat, FreeWater akan mendonasikan 10 sen Amerika per kemasan untuk membangun sumur air bagi warga yang membutuhkan di Afrika. “Saat anda menghitungnya secara matematis, kami hanya perlu 10% dari rakyat Amerika untuk produk gratis kami sehingga bisa menjadi solusi permanen bagi krisis air bersih,” kata Josh Cliffords, pendiri dan CEO FreeWater.

Cliffords mendirikan startup setelah menjadi relawan bagi pengungsi yang kesulitan mengakses air bersih. Menurut FreeWater, sekitar 800 juta orang hidup tanpa sumber air minum yang aman, dan 3,6 miliar lainnyaberada di kawasan yang sulit air bersih, setidaknya sebulan dalam setahun. “Saya ingin mengubah pengalaman dengan memberikan donasi kepada masyarakat menjadikannya mudah seperti memberi sebotol air atau sepotong pizza gratis,” cetus Cliffords. “Karena menyelamatkan hidup atau lingkungan bisa semudah itu, setiap orang bisa melakukannya.”

FreeWater punya dua opsi model bisnis. Untuk model “B to B” para pengiklan (meletakkan iklannya di kemasan) bisa mendistribusikan produk secara gratis atau menjualnya (tanpa memasang iklan), dan model “B to C” hanya menawarkan produk secara gratis. Para pengiklan bisa meletakkan QR code pada kemasan sehingga konsumen bisa mengakses kupon, video, memesan makanan, survei, mengunduh lagu, menonton film, video games, acara tv, “augmented reality”, dan lainnya sesuai dengan produk si pengiklan.  

Perusahaan juga menjalin kerja sama dengan organisasi non profit atau komunitas. Caranya, si partner dapat memanfaatkan FreeWater sebagai produk penggalangan dana dengan menjual ruang iklan dalam kemasan, dan FreeWater akan memberi 10 sen sampai 25 sen per kemasan minuman pada partner tersebut.  

Redaksi

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]