× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Filantropis Baru, Jack Ma

By Redaksi
Dok. Wikipedia

Jakarta – Majalahcsr. Dia menjadi salah satu orang yang mengubah gaya belanja masyarakat Cina menjadi digital.  Pemilik dan mantan CEO Alibaba Group, Jack Ma akhirnya pensiun dan akan menekuni karir barunya menjadi filantropis setelah perayaan ulang tahunnya yang ke-54, Minggu (10/9).

Jack Ma sendiri dikenal sebagai pribadi yang loyal dan segan untuk membantu orang lain dengan hartanya yang mencapai US$36,6. Sebagai salah seorang yang pernah mengabdikan diri menjadi guru bahasa Inggris ini juga telah meyiapkan yayasan Jack Ma Foundation yang didirikan pada tahun 2014 lalu dengan fokus pada pendidikan.

“Saya mencintai dunia pendidikan,” aku pria yang juga disapa “Teacher Ma” itu, seperti dilansir The New York Times dan dirangkum KompasTekno, Sabtu (8/9).

Jack Ma sendiri sebelumnya telah mengundurkan diri dari posisi sebagai CEO Alibaba Group pada tahun 2013 lalu. Dalam pernyataannya, saat itu Ma menyebut jika sudah saatnya Alibaba dipimpin oleh seseorang yang lebih punya jiwa muda.

Alibaba menjadi pionir bisnis e-commerce di China dan sangat memiliki pengaruh cukup besar. Bagaimana ia mendominasi e-commerce dan pembayaran digital, serta mengubah gaya belanja masyarakat di China, menunjukkan peran Jack Ma dan Alibaba yang dipimpinnya sangat fundamental.

Lahir di Hangzhou, Zhejiang, Tiongkok, 10 September 1964, ia merupakan seorang pebisnis berkebangsaan Tionghoa. Sebagai warga China Daratan pertama yang pernah muncul di majalah Forbes dan terdaftar sebagai biliuner dunia, ia masuk dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia pada urutan ke-22 pada tahun 2015.

Keywords: , , ,

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]