banner
Dok. IBL
Berita

FGD SDGs untuk Berikan Masukan Rencana Aksi Bersama Swasta dan Filantropi

1503 views

Jakarta – Majalahcsr. Direktorat Kerjasama Pembangunan Internasional, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), bekerja sama dengan GIZ Indonesia dan Indonesian Business Links, menyelenggarakan Global Group Focus Focus Group Discussion (FGD) dalam perumusan Rencana Aksi Nasional untuk SDG. Tema FGD ini adalah Peluang Pasar dan Kerjasama Luar Negeri untuk Sektor Swasta dan Filantropi, yang diadakan pada tanggal 23 November 2017 di Hotel Le Meridien, Jakarta.

FGD ini merupakan acara lanjutan dari lokakarya penyusunan Rencana Aksi Nasional untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB / SDGs) 17 Tujuan Kerjasama Pembangunan Internasional untuk memberikan masukan dalam mengisi matriks Rencana Aksi bersama dengan sektor swasta dan filantropi pada bulan Oktober 2016. Peserta terdiri dari perwakilan pemerintah, sektor swasta, dan organisasi masyarakat sipil.

Chairman of ASEAN CSR Network (ACN), Yanti Triwadiantini menyampaikan keynote speech mengenai peluang untuk berkolaborasi di antara negara-negara ASEAN. Peluang tersebut berupa  Integritas Bisnis dan Anti Korupsi; Bisnis dan Hak Asasi Manusia; Pertanian Berkelanjutan; Kesetaraan gender; dan Keberlanjutan Lingkungan: Adaptasi dan ketahanan perubahan iklim.

“Akan ada kebutuhan untuk menciptakan dalam membangun kemitraan multi sektor di antara pemerintah, sektor swasta, dan organisasi masyarakat sipil,” paparnya.

Agenda berikutnya adalah sesi diskusi tentang Membangun Kemitraan Global melalui CSR yang disampaikan oleh PT Adaro Energy Tbk. Kemudian diskusi dilanjutkan mengenai Meningkatkan Peran Korporat di Selatan-Selatan dan Kerjasama Global untuk mencapai SDG yang disampaikan oleh QUICK, sebuah Usaha Kecil Menengah dari Jogjakarta, Indonesia. Diskusi dimoderatori oleh Direktur Eksekutif Indonesia Business Links, Mohamad Fahmi.

banner