× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Elnusa Petrofin Gelar 470 Kegiatan CSR Pada 2019

By Redaksi
Kegiatan Lingkungan Elnusa Petrofin. Foto : Istimewa

Masyarakat, komunitas serta lingkungan di wilayah operasional perusahaan adalah elemen yang mendukung keberhasilan aktivitas bisnis perusahaan. Karenanya, merupakan tanggung jawab perusahaan untuk memberikan kepedulian serta tanggung jawab sosial (CSR) di sekitar wilayah operasional. Elnusa Petrofin (EPN) sebagai perusahaan jasa hilir migas di Indonesia memandang CSR adalah hal yang tidak terpisahkan dari kegiatan operasional. Kian meningkatnya luasan wilayah operasional di seluruh Indonesia tidak jadi hambatan bagi kepedulian perusahaan pada masyarakat dan lingkungan.

Direktur Utama Elnusa Petrofin, Haris Syahrudin mengatakan, “Sepanjang tahun 2019, tercatat sebanyak 470 kegiatan CSR yang dilakukan Elnusa Petrofin. CSR yang dilaksanakan dengan melihat kebutuhan masyarakat sekitar serta mengangkat local wisdom. Hal ini agar kegiatan tersebut memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat.”

Kegiatan Mengajar Elnusa Petrofin. Foto : Istimewa

Program yang dilakukan, jelas Haris, terdiri dari 321 kegiatan yang dikelola masing-masing Unit EPN di Terminal BBM (TBBM), 134 kegiatan dari operasional Depo, dan 15 kegiatan dari Head Office Elnusa Petrofin Jakarta.

Kegiatan CSR Elnusa Petrofin yang mengusung hastag #PetrofinPeduli juga memenuhi aspek kebutuhan masyarakat sekitar. Seperti pada bidang Ekonomi, #PetrofinPeduli turut serta dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Upaya mendorong usaha rumah tangga dan workshop UMKM di Palopo, Sulawesi Selatan adalah salah satu kegiatannya. Selain Palopo ada juga workshop UMKM produk VCO di Antiga, Bali. Di bidang keagamaan, #PetrofinPeduli menginisiasi Gerakan Membangun Masjid (GEMA) dan menyebarkan hewan Qurban saat hari raya dalam jumlah besar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Respon tanggap Elnusa Petrofin melalui #PetrofinPeduli juga disalurkan pada bidang kesehatan seperti penyelenggaran pengobatan dalam musibah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sei Siak, Pekanbaru. EPN Goes to School juga menjadi program Elnusa Petrofin dalam bidang Pendidikan. Puluhan karyawan millennials EPN terjun langsung memberikan pengetahuan umum kepada anak-anak sekolah di wilayah Pulau Laut, Kalimantan Selatan.

Kepedulian lingkungan juga menjadi sorotan #PetrofinPeduli di 2019. Penyediaan ratusan tempat sampah di wilayah Bali untuk meningkatkan kesadaran lingkungan bersih. Selain itu, kegiatan clean-up sampah dan penanaman tumbuhan bakau di pesisir pantai Arubara, Ende, dilakukan demi kelestarian lingkungan biota laut. Kegiatan CSR yang dilakukan pun berkolaborasi dengan menggandeng  berbagai pihak, selain Pertamina (persero), #PetrofinPeduli telah melaksanakan kegiatan bersama MRT Jakarta, RS Awal Bros, Pemerintah Desa dan Dinas terkait, serta beberapa komunitas pecinta lingkungan di seluruh Indonesia.

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]