× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Elnusa Dorong Warga Karang-Karangan di Luwu Berwirausaha

By Redaksi
PT. Elnusa Petrofin Gelar Workshop UMKM di Desa Karang-Karangan Luwu, Sulsel. Foto : Elnusa Petrofin

Bertempat di Balai Desa Karang-karangan, Kecamatan Bua, Luwu, Sulawesi Selatan, PT. Elnusa Petrofin (EPN) menggelar kegiatan Workshop Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) produk perikanan. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu (11/12/2019) dan di ikuti 64 peserta yang mayoritas adalah Ibu Rumah Tangga (IRT) yang tinggal di sekitar wilayah Fuel Terminal (sebelumnya disebut TBBM) Palopo. Lokasi yang berada di pesisiran Pantai Karang-karangan menjadikan warga daerah sekitar memiliki potensi untuk memproduksi beragam makanan dari olahan ikan.

Rusniah, pelaku UMKM sukses di wilayah Sulawesi didapuk menjadi fasilitator utama dalam kegiatan ini, memberikan pembekalan pada warga mengenai pemilihan bahan dasar dari ikan yang bernilai jual rendah menjadi produk olahan yang bernilai ekonomis. Praktik pelatihan ini meliputi produksi kerupuk dan nugget dari hasil olahan ikan, cara pengemasan, teknik pemasaran baik secara offline dan online, sampai dengan tahap pembentukan kelompok rumah produksi.

Pelatihan yang dilakukan oleh Elnusa Petrofin pun disambut baik oleh Pemerintah Desa Karang-karangan dan Dinas Perikanan Kabupaten Luwu. Asbar Idrus, Kepala Desa Karang-karangan, berharap kegiatan workshop Elnusa bisa mendorong warga terutama ibu-ibu untuk berwirausaha. Dengan demikian kegiatan yang dilakukan, menurutnya, betul-betul bisa berdampak positif bagi masyarakat Desa Karang-karangan.  

Sementara  Nuryono, perwakilan dari Dinas Perikanan Kabupaten Luwu, berjanji untuk menerbitkan surat perizinan  agar produk yang telah dibuat memiliki izin untuk dapat dijual secara komersial. Workshop Pemberdayaan UMKM yang diinisiasi Elnusa Petrofin ini telah menghasilkan 6 kelompok  usaha rumahan. Kelompok ini nantinya memproduksi produk makanan dari ikan seperti yang telah dibekalkan dalam pelatihan. Selain itu, kerjasama yang dilakukan dengan pihak pemerintah desa dan Dinas Perikanan semakin memperkuat masing-masing kelompok usaha rumahan agar  bisa berkembang.

Dari tempat terpisah, Haris Syahrudin selaku Direktur Utama Elnusa Petrofin menyampaikan bahwa Pihaknya sangat bersyukur karena kegiatan  CSR #PetrofinPeduli ini mendapat respon positif dari masyarakat sekitar baik dari warga maupun dari pemerintah dan dinas terkait. “Setiap kegiatan CSR kami disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di lokasi tersebut dan hal ini memang menjadi fokus kami, agar Elnusa Petrofin dapat memberikan manfaat yang seluas-seluasnya” jelas Haris.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]