× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Edukasi Semangat Filantropis melalui FIFest 2018

By Redaksi
Filantropi Indonesia Festival 2018

Majalah CSR (Majalahcsr.id), Jakarta – Gelaran per dua tahun dari Filantropi Indonesia yang bertajuk Filantropi Indonesia Festival (FIFest) 2018 kembali digelar. Bekerja sama dengan Dyandra Promosindo, kali ini Filantropi Indonesia mengusung semangat “From Innovation to Impact”. Acara yang digelar dari tanggal 15 November 2018 – 17 November 2018 di Jakarta Convention Center, rencananya akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo.

Dalam jumpa pers, Franky Welirang mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai peran para filantropis terhadap pembangunan bangsa. Selain itu, beliau menjelaskan bahwa ada stigma yang berkembang bahwa filantropis adalah kumpulan orang kaya dan tua yang berdonasi, pernyataan tersebut dirasa kurang tepat oleh beliau, semua orang dapat menjadi filantropis, bahkan sejak remaja.

“Filantropi itu pada dasarnya adalah mencintai sesama. Siapapun adalah filantropis ketika ia mencintai sesama. Bukan hanya orang kaya dan tua saja yang dibilang filantropis.” Ujar Franky.

Filantropi Indonesia Festival (FIFest) 2018 diharapkan dapat menjadi wadah dan sarana untuk mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai apa itu filantropis, mengapa penting, dan seperti apa bentuk dan pengaruhnya bagi Indonesia. Hal tersebut diaminkan oleh Timotheus Lesmana yang mengatakan bahwa filantropi bukan hanya sekedar perilaku memberi, tetapi juga mengenai dampak dari inovasi sosial.

“Filantropi adalah bentuk kedermawanan yang terukur, adanya organisasi yang melakukan perencanaan, pengembangan program, hingga evaluasi. Berbeda dengan charity yang hanya sekedar memberi tanpa terorganisasi dengan baik. Filantropi adalah bentuk nyata dari kegiatan berkelanjutan, yang membantu pemerintah dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs),” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Hamid Abidin, selaku Direktur Eksekutif Perhimpunan Filantropi Indonesia, menjelaskan rangkaian dari Filantropi Indonesia Festival (FIFest) 2018 yang akan diselenggarakan. Secara keseluruhan kegiatan akan dibagi pada acara exhibition, forum/conference, networking and marketplace forum, serta kompetisi.

Beliau menambahkan bahwa sudah ada beberapa kegiatan yang mengawali, seperti Philantropy Goes To Campus, Philantropy Learning Tour, Social Innovation Competition, dan Digital Story Telling Competition.

Filantropi Indonesia Festival (FiFest) 2018 akan menghadirkan keberagaman inovasi dan perkembangan dalam bidang filantropi. Kegiatan ini pun akan dihadiri oleh beberapa delegasi dari India, Amerika Serikat, India, Colombia, dan Singapura. Selain itu, ikut hadir pula Menteri, pejabat negara, perusahaan nirlaba, dan beberapa tokoh lainnya, seperti Andy F. Noya dan Kaesang Pangarep.

[contact-form-7 404 "Not Found"]