× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Di Tengah Lockdown, Bunga Liar, Kupu-Kupu dan Lebah Bermunculan di Inggris

By Redaksi
IIustrasi Bunga dari Rerumputan Liar. Foto : Istimewa/inhabitat.com

Virus Corona atau COVID-19 jelas adalah ancaman bagi manusia. Tak hanya penyebarannya yang cepat, tapi sangat fatal bagi yang berdaya tahan tubuh rentan lalu terdampak.

Di sisi lain, wabah ini memberi berkah. Aturan lockdown yang diterapkan di sejumlah negara, membuat udara di berbagai belahan dunia terbebas dari polusi. Seperti yang terjadi di Inggris. Aktivitas warga yang dilakukan dari rumah dan kegiatan produksi dihentikan (kecuali yang teramat penting), justru menguntungkan bagi lebah, kupu-kupu, kelelawar dan bunga liar.  

Sebelumnya, banyak dari ladang dan lahan perkebunan alam yang diubah jadi perumahan dan pertanian. Alhasil, negara yang punya 70 spesies bunga liar ini hanya menyisakan sedikit lahan untuk tanaman liar tumbuh.

Tepian jalan, adalah lahan yang tersisa di mana tumbuhan liar bisa muncul. Spot itu menjadi “rumah” untuk lebih kurang 45% bunga liar yang ada di Inggris.

Kebijakan lockdown selama pandemi corona menguntungkan di mata organisasi konservasi flora liar, Plantlife. Menurut website organisasi ini, Inggris memiliki sekitar 238.000 hektar kawasan tetumbuhan tepi jalan (road verges), tapi hanya 85.000 hektar yang ditumbuhi rerumputan liar.   

“Kondisi ini adalah kesempatan terbaik untuk rerumputan liar kembali berbunga. Untuk pertama kalinya,”kata Trevor Dines, ahli botani dari Plantlife kepada The Guardian. “Jika lockdown berakhir pada akhir Mei, maka kita akan melihat penampakan bunga oxeye daisy dan ladies bedstraw.”

Bunga-bunga ini seperti dilansir dari inhabitat.com, diperkirakan akan berbunga pada musim semi tahun ini. Adapun wilayah yang merupakan pusat dari bermunculannya bunga liar ini diantaranya, Flintshire di Wales, Somerset di baratdaya Inggris, Newcastle di timur laut, dan Lincolnshire di timur Inggris. Beberapa tanaman liar lain seperti wild carrot, yellow rattle, betony, meadow crane’s-bill, greater knapweed, harebell, akan menarik para hewan pollinator (penyerbuk), seperti kupu-kupu, lebah, dan kelelawar.

Selain itu, aneka warna bunga yang bermunculan menjadi obat untuk kesehatan mental secara positif.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]