× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Desainer Kenalkan Hunian“Sustainable” Merespon Gaya Hidup di Tengah dan Pasca COVID-19

By Redaksi
Ilustrasi Aula Modula. Foto : Inhabitat

MajalahCSR.id – Untuk mereka yang cukup beruntung masih punya memiliki pekerjaan di saat pandemi, sebagian besarnya dipastikan bekerja dari rumah. Kondisi “istimewa” ini boleh jadi menjadi gaya hidup baru bagi kebanyakan orang. Untuk menyikapi bagaimana pandemi COVID-19 ini membentuk kebiasaan dan pola hidup baru, perusahaan desain arsitek asal Paris, Perancis, Studio BELLEM memperkenalkan rumah konsep (untuk tinggal dan bekerja) yang diberi nama Aula Modula.

Ilustrasi Aula Modula. Foto : Inhabitat

Desain hunian ini mengedepankan fleksibilitas, komunitas, dan keberlanjutan (sustainability). Hal menarik lain, untuk memfasilitasi ruang bekerja dari rumah (work from home/wfh), Aula Modula juga menawarkan ruang hijau dengan maksud membawa suasana alam kembali ke tengah kota.

Membayangkan saat pasca pandemic COVID-19, Aula Module memadukan elemen kehidupan perkotaan yang padat dengan akses suasana alam. Menurut Studio BELEM, seperti dilansir dari inhabitat, konsep ini adalah evolusi paduan gaya tradisional arsitek barat dan model perkotaan yang bertahun-tahun tak berubah karena menggerus ruang hijau di perkotaan.

Ilustrasi Aula Modula. Foto : Inhabitat

“(Desain) Aula Modula merupakan upaya keluar dari gaya standar hunian tradisional,” kata para arsitek di belakang proyek tersebut. “Aula Modula membawa kembali suasana lingkungan alam hijau ke perkotaan, mempromosikan konsep ruang terbuka interaksi sosial yang baru di antara deretan hunian.”

Untuk melengkapi konsep rumah kerja pada tiap apartemen, kompleks ini punya akses komunal di tengah bangunan berupa halaman dan teras. Hal ini dimaksudkan untuk mempromosikan interaksi baik secara sosial dan professional diantara hunian dan pekerja.

Para arsitek mengedepankan gedung bermaterialkan  kayu untuk meredam jejak karbon. Aula Modula juga memiliki atap “hijau” yang dilengkapi saluran pengolah air limbah, teras sayuran dan fasilitas komunal greenhouse. Alat penghangat ruangan pun berasal dari gedung. Selain hunian, kompleks juga memiliki layanan rekreasi, perbelanjaan, yoga studio, pusat perbelanjaan, dan kebutuhan lain pada umumnya.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]